>

RS Holistik Purwakarta Sempat Kehabisan Stok Oksigen, 3 Pasien Meninggal Dunia

  Rabu, 21 Juli 2021   Dede Nurhasanudin
Tabung Oksigen di Rumah Sakit Holistic Purwakarta. (Ayopurwakarta.com/Dede)

PONDOKSALAM, AYOPURWAKARTA.COM -- Beredar surat informasi Rumah Sakit Umum (RSU) Holistik berlokasi di Kecamatan Pondok Salam, Kabupaten Purwakarta kehabisan stok oksigen.

Dalam surat tersebut pihak manajemen Rumah Sakit Holistic menyampaikan permohonan maaf atas ketersediaan stok oksigen di rumah sakitnya habis.

Direktur RSU Holistik dr Fanani Fathihah membenarkan mengenai informasi yang disampaikan melalui selembar surat tersebut.

"Kami terpaksa mengeluarkan surat tersebut dikarenakan sehari kemarin kami tidak mendapatkan suplai oksigen dari beberapa distributor yang biasa memasok ke rumah sakit kami, sehingga benar-benar oksigen di tempat kami kosong seharian," ujar dia, Rabu 21 Juli 2021.

Dia mengatakan, sebelum melayangkan surat pihak rumah sakit telah berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan pasokan oksigen, mulai membeli secara eceran maupun meminta bantuan kepada pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta dan provinsi Jawa barat.

"Lima tabung oksigen pinjam pakai dikirim Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta dan 25 tabung supplai dari wilayah Subang. Namun karena pemakaian yang meningkat, stok yang terbatas itu kini pun sudah habis," kata Fanani.

Dia mengaku kebutuhan oksigen di rumah sakit ini mencapai 200 tabung perhari, sedangkan pasokan oksigen tidak menentu. Sementara 50 pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit ini membutuhkan oksigen. 

Dia juga mengaku telah menyampaikan kepada pihak keluarga atas kondisi ini, namun jika dirujuk ke rumah sakit lain juga penuh bahkan kurang lebih mereka juga kesulitan oksigen.

"Dampaknya untuk pasien yang bergantung kepada alat akhirnya tidak tertolong (meninggal dunia). Sehari kemarin tiga orang," ujar Fanani.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, Dr. Deni Darmawan menyebut pihak RS Holistic harus lebih proaktif seperti rumah sakit lainnya, terutama dalam keterisian oksigen dapat diminimalisasi.

"Harus pro aktif, gabung seperti rumah sakit lain dalam pelayanan oksigen ini. Rumah Sakit Holistic salah satu rumah sakit yang menerima rujukan pasien Covid-19," ujar dia.

Sebagai upaya, pihaknya sudah membuat posko darurat oksigen di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, bagi para rumah sakit yang membutuhkan oksigen dapat melaporkan langsung agar nantinya dapat ditangani. "Kami sudah buat posko darurat O2 di Dinkes Kabupaten Purwakarta," kata Dr. Deni.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar