>

H-1 Jelang Iduladha, Permintaan Hewan Kurban Meningkat

  Senin, 19 Juli 2021   Dede Nurhasanudin
Gani Mahnida kebanjiran permintaan hewan kurban. Ia sedan mempesiapkan dombanya sebelum dikirim ke konsumen. (Dede Nurhasanudin)

PLERED, AYOPURWAKARTA COM -- Peternak domba kebanjiran pesanan satu hari menjelang Iduladha 2021. Permintaan hewan kurban semakin meningkat satu hari menjelang Lebaran yang juga biasa disebut Lebaran Haji ini.

Salah seorang peternak doomba asal Desa Cibogogirang, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Gani Mahnida mengaku permintaan domba mulai terasa naik sejak satu pekan terakhir. Semakin mendekati hari Lebaran, permintaan hewan kurban semakin tinggi jika dibandingkan hari biasanya. Pesanan itu pun bakal diantarkan hari ini sesuai permintaan para konsumen. "Sebelum diantarkan, tadi pagi sudah saya bersihkan (mandikan) agar domba lebih segar,"  ujar dia, Senin 19 Juli 2021.

Lebaran Iduladha menjadi momentum yang paling ditunggu para peternak domba karena dapat meraup untung lebih. Biasanya, teman seprofesinya melakukan persiapan tiga bulan terakhir agar dapat terjual pada momen ini. Gani pun mengaku menyetok 60 ekor domba dan hari ini semuanya sudah terjual. "Hari ini semua domba kita antarkan ke konsumen," kata Gani.

Gani menjual domba sekitar Rp2,500.000 hingga Rp3.000.000 per ekor tergantung kondisi hewannya itu sendiri. "Omzet sekitar Rp150 juta ada," ujar pria yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Bale Bandung Jurusan Agrobisnis tersebut.

Disinggung apakah ada dampak dari pandemi Covid-19, Gani menyebut ada, tetapi  tidak terlalu signifikan jika dilihat dari permintaan hewan kurban cukup tinggi ini. "Mungkin kalau tidak ada pandemi jauh lebih tinggi lagi," kata Gani.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar