>

PMI yang Lolos dari Penyekatan dan Tak Bawa Hasil Negatif Antigen Bakal Diisolasi

  Jumat, 07 Mei 2021   Dede Nurhasanudin
Tempat karantina yang disediakan Kelurahan Nagri Kaler.

PURWAKARTA.COM -- Pemkab Purwakarta mengantisipasi kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) menjelang Lebaran karena khawatir membawa virus mengingat masa pandemi Covid-19 belum berakhir.
 
Para PMI yang lolos hingga datang ke Purwakarta dengan tidak diisolasi dahulu di tingkat pusat, desa atau kelurahan menyediakan tempat isolasi dengan diawasi oleh kepala puskesmas. Lurah Nagri Kaler Kecamatan Purwakarta Kota, Dede Iskandar mengaku telah menyiapkan ruang isolasi karena di sini ada beberapa warga terindikasi yang menjadi PMI, tetapi belum diketahui pulang dan tidaknya.
 
Warga yang bekerja di luar kota kemudian lolos dari penyekatan, dan tidak bisa menunjukkan negatif hasil rapid antigen, maka mereka juga harus menjalani isolasi selama dua minggu. "Sebagai cara mengetahui kepulangan mereka, perangkat desa, RT, atau Rw nanti akan menyisir ke rumah-rumah dan lingkungan sekitar," ujar dia, Jumat (7/5/2021).
 
Jika kemudian ruang isolasi yang telah disediakan penuh, ia mengaku ada dua alternatif yang bakal ditempuh, yakni booking kos-kosan atau menggunakan fasilitas gedung sekolah. "Yang diisolasi di sini adalah orang tanpa gejala (OTG). Sementara yang bergejala akan langsung di bawa ke puskesmas atau rumah sakit agar mendapatkan penanganan khusus dari para tenaga medis," kata Dede.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar