>

Pertahanan Kokoh Kunci Kemenangan Chelsea atas Madrid

  Kamis, 06 Mei 2021   Suara.com
Manajer Chelsea, Thomas Tuchel.

LONDON, AYOPURWAKARTA.COM — Pertahanan kokoh Chelsea, pada leg pertama dan kedua semifinal Liga Champions, memberikan hasil positif dengan menyingkirkan Real Madrid.

Pada leg kedua yang digelar di Stadion Stamford Bridge, Kamis (6 Mei 2021) dini hari WIB, Chelsea menang telak dengan skor akhir 2-0. Sebelumnya, pada leg pertama, mereka bermain imbang 1-1 di markas Madrid. Chelsea pun melaju ke babak berikutnya, dengan agregat akhir 3-1. Tim asuhan Thomas Tuchel akan berhadapan dengan Manchester City di final Liga Champions.

Manajer Chelsea Thomas Tuchel terus menyinggung soal performa timnya dalam bertahan pada leg kedua. Dalam pertandingan ini, Chelsea sebenarnya kalah dominan dalam hal penguasaan bola dari Real Madrid. Namun, pertahanan solid membuat gawang Edouard Mendy aman, dan mereka justru bisa mencuri dua gol lewat skema serangan balik. "Di babak kedua kami memiliki struktur yang lebih baik untuk bertahan dan itu adalah kinerja yang fantastis," kata Thomas Tuchel kepada BT Sport dikutip dari laman resmi UEFA, Kamis (6/5/2021).

Menurut Tuchel, pertahanan yang baik adalah kunci saat menghadapi tim sekelas Real Madrid, yang disebutnya bisa menghukum lawan-lawannya apabila lengah sedikit saja.

Karena itu dia sangat senang saat Thiago Silva dan kawan-kawan mampu meredam serangan-serangan Real Madrid dan membuat Los Blancos seakan mati kutu untuk menciptakan peluang bersih. "Anda bisa kebobolan] setiap saat dalam pertandingan sepak bola, tapi melawan Madrid itu selalu berbahaya. Mereka bisa mengubah ketiadaan jadi gol. Jadi Anda harus selalu waspada," kata Tuchel.

"Bisa mempertahankan hal itu, bahkan jika Anda memiliki peluang besar yang Anda lewatkan dan Anda lewatkan lagi, untuk tidak pernah kehilangan konsentrasi, fokus, dan energi positif di lapangan--itu adalah kinerja yang luar biasa dan memang pantas didapat."

Merujuk laman resmi UEFA, Chelsea tercatat cuma memegang 36 persen penguasaan bola. Namun, mereka sukses membuat Los Blancos mati kutu.

Di partai final, Chelsea sudah ditunggu sesama wakil Inggris, Manchester City, yang lolos untuk pertama kalinya ke babak pamungkas Liga Champions usai mengalahkan Paris Saint-Germain (PSG) dengan agregat 4-1.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar