>

Tiga Makanan Khas Ramadan

  Sabtu, 10 April 2021   Redaksi AyoBandung.Com
Kolak Pisang

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM – Bulan puasa rekat kaitannya dengan istilah takjil, atau makanan untuk berbuka puasa. Ketika sore menjelang, sembari ngabuburit biasanya masyarakat mencari makanan untuk dijadikan hidangan berbuka.

Setidaknya ada tiga makanan ikonik saat berbuka puasa. Berikut daftar makanan tersebut beserta cara membuatnya.

Kolak
Salah satu menu wajib takjil ini merupakan makanan manis dengan ciri khas warna kuah cokelat yang berasal dari warna gula merah. Bahan yang dibutukan untuk membuatnya yaitu satu bungkus santan instan, buah pisang, 1.000 mL air mineral, pandan, kolang-kaling (opsional), setengah sendok teh garam, 100 gr gula pasir, dan 150 gr gula merah.

  1. Larutkan gula merah dan gula pasir dengan air mendidih. Setelah mendidih masukkan daun pandan.
  2. Masukkan kolang-kaling, dan tunggu hingga empuk. Lalu masukkan pisang bersama dengan santan.
  3. Aduk terus hingga matang
  4. Kolak manis siap dilahap.

asinan sayur (istimewa)

 

Asinan sayur
Mendengar namanya saja, sudah terbayang rasa pedas, manis dan asam yang menggugah selera. Asinan menjadi makanan yang banyak dijual di bulan Ramadhan, rasanya yang segar dirasa cocok untuk menemani buka puasa.

Bahan-bahan untuk membuatnya yakni sayuran (timun, tauge, bengkuang, kol), cabai merah, cabai rawit, air mineral, 150 gram gula pasir, garam dan cuka.

  1. Cuci bersih sayuran, lalu iris halus
  2.  Haluskan cabai merah menggunakan blender.
  3. Didihkan air bersama cabai yang sudah dihaluskan. Masukkan juga gula dan garam ke dalamnya. Setelah matang, jangan langsung disiram ke dalam sayuran, dinginkan air rebusan terlebih dahulu.
  4. Siram air rebusan ke dalam sayuran yang sudah diiris halus, kemudian tambahkan cuka sesuai selera. Aduk hingga sayuran tampak layu.
  5. Asinan sayur siap disantap saat berbuka puasa.

Bakwan (istimewa)

 

Bakwan
Bakwan atau dalam bahasa Sunda disebut bala-bala bukan salah satu yang sulit dicari sekarang ini, ada banyak penjual gorengan yang menjajakan makanan ringan ini di pinggir jalan. Tetapi, popularitas bakwan saat Ramadhan justru meroket, bakwan selalu dicari masyarakat untuk dihidangkan dengan segelas teh hangat.

Untuk membuat bakwan, cukup sediakan sayuran (kol, wortel, seledri, dan tauge), tepung terigu, garam, bawang putih, merica dan bumbu penyedap.

  1. Potong halus sayuran yang sudah dicuci bersih. Kemudian tambahkan tepung terigu dan air secukupnya, aduk adonan agar tercampur.
  2. Untuk bumbunya, haluskan bawang putih, garam dan merica.
  3. Masukkan bumbu halus ke dalam adonan, lalu tambahkan sedikit bumbu penyedap.
  4. Aduk sampai semuanya tercampur
  5. Ambil adonan dengan sendok untuk digoreng di minyak panas
  6. Tiriskan bakwan yang sudah matang
  7. Bakwan siap disajikan. (Ghina Tsuroya--Magang)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar