Api Dua Tangki Kilang Minyak Pertamina Balongan Berhasil Dipadamkan

  Rabu, 31 Maret 2021   Erika Lia
Asap hitam masih mengepul di area kilang minyak Pertamina Balongan pada hari ke-3 pasca ledakan

INDRAMAYU, AYOPURWAKARTA.COM -- Api berhasil dijinakkan dari sebagian Tangkil kilang minyak Pertamina RU VI Balongan Kabupaten Indramayu, Rabu (31/3/2021).

Senior Vice President Corporate Communication & Investor Rations Pertamina, Agus Suprijanto mengungkapkan, api pada 1 unit tangki berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.30 WIB.  Sekitar 5 jam berikutnya atau pukul 06.44 WIB, api pada 1 unit tangki lain pun dapat dipadamkan. "Alhamdulillah, 2 titik api berhasil dipadamkan," katanya.

Ke-2 tangki yang telah padam masing-masing T-301 H dan T-301 E. Pendinginan dilakukan terhadap ke-2 tangki untuk mencegah kemunculan kembali api.

Namun begitu, api pada 2 tangki lain yang juga terbakar sejak Senin (29/3/2021) dini hari, yakni T-301F dan T-301G, masih belum dapat dijinakkan. Upaya pemadaman masih dilakukan menggunakan foam ke perimeter bundwall dan pusat nyala api.

Pihaknya pula telah mengerahkan 10 unit mobil pemadam kebakaran (damkar), meliputi mobil damkar Pertamina Group dan Pemkab Indramayu.

Tim Emergency PertAmina telah melokalisasi titik api di dalam bundwall atau tanggul di sekeliling tangki T-301, di mana terdapat 4 Tanki penyimpanan BBM.  "Kami fokus memadamkan api di 2 tangki lain dan terus mengerahkan segala daya dengan offensive fire handling," tegasnya.

Sementara itu, jalur di sekitar Balongan kembali dibuka bagi kendaraan umum. Namun, aksesibilitas berlaku terbatas.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar