Tahukah, Berapa Jumlah Masjid dan Mushala di Indonesia?

  Senin, 29 Maret 2021   Republika.co.id
Ilustrasi masjid. (Republika)

JAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Populasi Muslim di Indonesia adalah yang terbanyak di dunia. Data World Population Review pada 2020 mencatat populasi Muslim di Tanah Air mencapai 229 juta jiwa atau membentuk 87,2 persen dari total penduduknya yang sebanyak 273,5 juta jiwa.

Tentu, Indonesia pun memiliki banyak masjid yang menjadi tempat ibadah kaum Muslim. Berapa banyak sebenarnya jumlah masjid dan mushala di Indonesia?

PIC SIMAS (Sistem Informasi Masjid)  Kemenag RI, Fachrie Affan, menjelaskan, jumlah masjid dan mushala di Indonesia seluruhnya ada sebanyak 741.991. Data ini merupakan data yang tercatat manual yang diperoleh secara berjenjang mulai dari Kantor Urusan Agama di tiap daerah. Sementara, Sistem Informasi Masjid (SIMAS) per Senin (29/3) baru mencatat sekira 598.291 masjid dan mushala yang ada di Indonesia.

Fachrie menjelaskan data jumlah masjid dan mushala secara daring di SIMAS terus berkembang seiring dengan verifikasi dan validasi data yang terus dilakukan. Kemenag pun menargetkan dalam dua tahun ke depan data jumlah masjid secara online di SISMAS sudah sesuai dengan data manual.

"Ini akan terus berkembang. Mudah-mudahan dalam satu-dua tahun ke depan data sudah sama dengan data BIDA (Buku Bimas Islam Dalam Angka) sehingga kita bisa melihat perkembangan selanjutnya data rill masjid dan mushala di Indonesia," kata Fachrie dalam Podcast Ditjen Bimas Islam yang disiarkan pada Senin (29/3) kepada Republika, jaringan Ayobandung.com.

Data masjid dan mushala yang tercatat di Kemenag, termasuk juga mushala yang berada di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), mal, dan di lokasi publik lainnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar