Survei: Warganet Indonesia Paling Tak Sopan di Dunia

  Kamis, 25 Februari 2021   Suara.com
[Ilustrasi] Warganet Indonesia (Pixavbay)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Warganet Indonesia rupanya termasuk dalam golongan yang paling tak punya adab alias tak sopan saat bergaul di dunia digital.  Hal itu tertuang dalam hasil survei Indeks Keadaban Digital atau Digital Civility Index (DCI) dari Microsoft yang dirilis belum lama ini.

Studi bertajuk Digital Civility Index (DCI) 2020 itu digelar Microsoft di 32 negara dan mengamati lebih dari 16.000 responden. Dari studi itu diketahui bahwa Indonesia bersama Rusia, Afrika Selatan, dan Meksiko masuk dalam golongan paling tak sopan dan tak punya adab di internet.

Indonesia memiliki skor DCI 76. Semakin tinggi skor, menunjukkan semakin jelek perilaku warganet. Meksiko juga memiliki skor 76, disusul Rusia (80) dan yang paling jeblok adalah Afrika Selata (82).

Adapun negara-negara yang adabnya paling baik dalam pergaulan digital dunia adalah Belanda (51), Inggris (55), Amerika Serikat (56), Singapura (59), dan Taiwan (61).

Untuk lingkup Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara dengan perilaku alias adab paling buruk, sementara Singapura yang paling bagus. Di urutan kedua ada Malaysia (63), disusul Filipina (66), Thailand (69), dan Vietnam (72).

Selain Indonesia dengan warganetnya yang tak sopan atau tak punya adab, temuan menarik lain di Asia Tenggara dari Microsoft adalah Malaysia yang dilaporkan memiliki DCI yang paling kurang baik selama lima tahun terakhir dan Vietnam mengalami peningkatan terbaik di kawasan.

Secara total Microsoft menemukan bahwa adab atau perilaku warganet Asia Pasifik semakin bagus pada 2020 dengan skor 66, lebih bagus dari 2019 yang skornya 68. DCI global juga meningkat menjadi 67 dari skor kurang baik sepanjang masa tahun 2019, yang menunjukkan bahwa lebih banyak orang mengalami interaksi online yang positif.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar