Perbaikan Jalur Lingkar Barat Purwakarta Tunggu Hasil Penelitian Tim Ahli

  Senin, 22 Februari 2021   Dede Nurhasanudin
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bersama jajaran meninjau amblasnya akses jalan menuju Sukasari

SUKASARI, AYOPURWAKARTA.COM -- Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengaku telah menerima laporan terkait bencana alam yang terjadi di Kecamatan Sukasari.

Berdasarkan laporan dari dinas terkait, pergerakan tanah terjadi di empat titik di Jalur Lingkar Barat itu, paling parah masuk wilayah Desa Ciririp. 

"Di titik ini terdapat jalan kabupaten yang mengalami amblas dan terbelah. Sehingga, pada saat ini jalur tersebut tidak bisa dilewati oleh kendaraan ruda dua dan empat," ujar Anne, Senin (22/2/2021).

Anne tak menampik jika jalur tersebut merupakan satu-satunya akses darat alternatif bagi warga Sukasari. Saat ini, pihaknya sedang mencari solusi jangan sampai warga di sana terisolasi lagi.

"Alhamdulillah, kata Pak Camat setempat ada jalan alternatif yang bisa di lewati untuk sementara waktu. Tapi memang, jalur ini baru bisa dilalui kendaraan roda dua saja," kata Anne.

Saat ini, lanjut Anne sedang mengupayakan jalur alternatif lain agar roda empat juga bisa melintasi.

"Mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan bisa dilakukan peroses pemadatan," ucap dia.

Adapun upaya perbaikan untuk jalur yang terputus saat ini masih nunggu assessment dari lembaga jembatan dan jalan di Pemprov Jabar. 

Jika sekiranya bisa diperbaiki maka pihaknya akan segera melakukan perbaikan. 

"Kalau menurut assessment tidak bisa diperbaiki maka kita akan memilih jalan alternatif," kata Anne.

Terkait pasokan logistik bagi masyarakat yang terisolasi, kata dia, masih bisa melewati jalur alternatif Parung Banteng Sukamukti yang masuknya melalui Kecamatan Maniis. 

Sementara untuk bantuan logistik bagi warga Ciririp dan Kertamanah, pihaknya akan mengirim melalui jalur Loji, Kabupaten Karawang.

"Kita akan pantau kebutuhan masyarakat di sini. Saat ini, kami masih menginventarisasi kebutuhan masyarakat yang terdampak bencana ini," ujar dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar