Dewan Minta Pemkab Segera Bangun Rumah Warga Tegalwaru Korban Pergeseran Tanah

  Senin, 22 Februari 2021   Dede Nurhasanudin
Anggota DPRD Kabupaten Purwakarta, Devi Mutiara Sari ketika meninjau lokasi pergerakan tanah di Tegalwaru. (Ayopurwakarta.com/ist)

TEGALWARU, AYOPURWAKARTA.COM -- Anggota DPRD Kabupaten Purwakarta, Devi Mutiara Sari meminta pemkab setempat segera merealisasikan pembangunan sejumlah rumah milik warga di Kampung Cirangkong, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru yang mengalami kerusakan akibat pergeseran tanah terjadi beberapa waktu lalu.

Permintaan wakil rakyat itu bukan tanpa alasan mengingat mereka saat ini tinggal di tenda pengungsian dan juga tinggal di rumah saudaranya.

"Ketika saya kemarin ke lokasi banyak warga yang menanyakan kapan rumah mereka dibangun karena ingin segera pindah dari tempat pengungsian, jadi saya minta pemerintah untuk segera merealisasikan pembangunan rumah yang sebelumnya sudah dijanjikan," ujar dia, Senin (22/2/2021).

Tak hanya itu, ia juga meminta pemerintah segera memperbaiki akses jalan rusak akibat pergerakan tanah. Menurutnya, kerusakan jalan cukup parah dan perlu penanganan sesegera mungkin.

"Mereka tidak bisa menunggu lama dan memang harus segera direalisasikan," ujar Devi.

Ia berkomitmen akan mendorong pemerintah untuk segera merealisasikan pembangunan rumah dan perbaikan akses jalan, agar mobilitas warga kembali normal.

"Aspirasi warga nanti akan saya sampaikan kepada pemerintah, mudah-mudahan secepatnya ada penanganan," kata anggota DPRD dari Komisi I itu.

Sebelumnya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika telah meninjau lokasi pergerakan tanah di wilayah tersebut. Ia mencatat ada sekitar 11 rumah hancur, 48 rumah rusak berat dan 12 rumah rusak ringan.

Pihaknya akan membangun rumah milik warga yang hancur mengalokasikan ABPD melalui Distarkim, dan sudah berkoordinasi juga dengan Perhutani terkait lahan yang akan digunakan.

"Kami masih menunggu perubahan parsial terkait anggarannya," kata Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman Agung Wahyudi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar