GTPP Covid-19 Jabar Minta Kepala Daerah Tingkatkan Operasi Protokol Kesehatan

  Rabu, 16 September 2020   Dede Nurhasanudin
Sekretaris Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jawa Barat, Daud Achmad (Dede/AyoPurwakarta)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Sekretaris Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jawa Barat, Daud Achmad menyebut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil  telah mengeluarkan surat edaran untuk seluruh bupati/wali kota terkait penanganan Covid-19.

Salah satu poinnya adalah kepala daerah untuk meningkatkan protokol kesehatan dan peningkatan operasi penegakan disiplin kepada masyarakat.

"Seperti yang kita lihat di Purwakarta, ini sudah sangat baik. Terbukti untuk minggu ini status zona Purwakarta turun dari zona resiko sedang sekarang rendah, artinya ada di kuning," ujar dia ketika operasi yustisi protokol kesehatan bersama perwakilan Forkopimda Purwakarta, di Taman Pembaharuan, Rabu (16/9/2020).

Ia mengakui untuk menegakan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat tidak mudah. 

Namun memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat harus tetap dilakukan melalui operasi seperti saat ini.

"Jadi kita harus intensifkan melakukan pengawasan dengan tujuan edukasi warga menerapkan protokol kesehatan seperti halnya menggunakan masker," kata Daud Achmad.

Karena, lanjut dia ada sebuah studi di Amerika yang menyatakan bahwa apabila warga 70 sampai 80%  memakai masker sama dengan lockdown.

"Bedanya lockdown ekonomi tidak hidup, kalau menggunakan masker kegiatan warga termasuk ekonomi bisa berjalan," ucap dia.

Sementara, status daerah masuk kategori zona merah di Jawa Barat belum ada pengurangan masih tetap empat, yaitu Depok, Kabupaten Bekasi, Bogor dan Cimahi.

"Kalau di zona merah lebih ketat lagi. Nanti bupati atau wali kota yang eksekusinya," ujar Daud Achmad.

Sementara pada kegiatan operasi yustisi puluhan masyarakat tak menggunakan masker terjaring operasi.

Mereka kemudian diberikan sanksi sosial seperti menyapu, push up, mengucapkan pancasila dan berjanji menggunakan masker berada di luar rumah.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar