Kesadaran Warga Purwakarta Pakai Masker Masih Rendah

  Selasa, 15 September 2020   Dede Nurhasanudin
Petugas saat memakaikan masker kepada warga terjaring operasi yustisi (Dede/Ayopurwakarta)

PURWAKARTA KOTA,AYOPURWAKARTA.COM -- Kesadaran sejumlah masyarakat di Kabupaten Purwakarta memakai masker masih minim.

Hal itu dibuktikan dengan masih adanya masyarakat terjaring operasi yustisi yang diselenggarakan perwakilan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) setempat di sejumlah titik keramaian, di antaranya di sekitar Jalan Jenderal Sudirman (Pasar Jumat) Purwakarta, Selasa (15/9/2020).

Mereka yang terjaring operasi diberikan sanksi sosial seperti menyanyikan lagu kebangsaan, membaca teks pancasila dan membersihkan lingkungan dari sampah.

"Tidak menggunakan masker ada yang bilang lupa, kurang nyaman, dan lainnya. Ditambah budaya kita sebagai orang sunda kan sosialisasinya tinggi jadi sulit untuk tidak berkerumun. Tapi, kami terus berikan arahan," ungkap Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.

Ia menjelaskan, operasi ini dilakukan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai amanat Perbup Nomor 198 Tahun 2020 tentang pemberian sanksi administratif terhadap pelanggar protokol kesehatan dalam masa PSBB dan AKB di Purwakarta.

"Jika masyarakat masih tetap melanggar setelah diperingati, maka akan diberikan sanksi sedang berupa jaminan kartu identitas dan sanksi sosial dengan memberikan rompi untuk selanjutnya membersihkan area publik agar memberikan efek jera," kata Anne.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar