MUI Jelaskan Cara Salat Idulfitri di Rumah

  Kamis, 14 Mei 2020   Nur Khansa Ranawati
ilustrasi ibadah salat. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat mengeluarkan fatwa baru yang isinya mengizinkan salat Idulfitri dilaksanakan secara berjamaah dengan warga di daerah yang secara ilmiah terbukti telah aman dari Covid-19. Sementara sisanya harus tetap melaksanakan salat di rumah masing-masing.

Ketua MUI Jabar Rachmat Syafei mengatakan, hukum salat Ied adalah sunnah. Pelaksanaannya diperkenankan untuk dilakukan secara berjamaah maupun sendiri (munfaridh).

"Salat Idulfitri tidak harus berjamaah, salat Jumat saja diperbolehkan untuk diganti (dengan salat Zuhur), apalagi yang sunnah," ungkapnya dalam konferensi pers di Gedung Sate Bandung, Kamis (14/5/2020).

Rachmat menyebutkan, untuk salat Ied di rumah, niat dan tata cara yang berlaku tetap sama dengan biasanya. Warga bisa melakukan salat Ied berjamaah di rumah masing-masing dengan minimal 4 orang.

"Bila berjamaah minimal 4 orang, satu imam, tiganya makmum," ungkapnya.

Bila kurang dari 4 orang, Rachmat mengatakan bahwa salat sebaiknya dilaksankan secara munfarid. Selain itu, salat Ied munfarid juga dapat dilakukan bila pada saat itu tidak ada imam yang bisa mewakili untuk memimpin salat.

"Cara-cara salatnya seperti biasa, kalau kurang dari 4 orang munfarid saja," jelasnya.

"Kalau salat sendiri tidak perlu ada khutbah, dan bacaan tidak perlu dikeraskan seperti imam," lanjutnya.

Pihaknya juga mengatakan penggemaan takbir tetap di masjid tetap diperkenankan bagi daerah yang telah dinyatakan aman dari Covid-19. Namun, pembacaan takbir dapat dilakukan dari rumah masing-masing apabila daerah yang bersangkutan belum dinyatakan aman dari Covid-19.

"Gubernur agar segera melakukan kajian bersama ahli tentang daerah mana yang aman mana yang tidak. Karena boleh tidaknya salat Ied ini tergantung dari keputusan tersebut," ungkapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar