Musik Memiliki Manfaat Secara Fisik, Mental, dan Emosional

  Kamis, 16 April 2020   Vina Elvira
ilustrasi. (Pixabay)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Pernahkah Anda berpikir mengapa mendengarkan musik dapat mengubah suasana hati Anda secara instan? Ini bukan hanya tentang minat Anda pada musik, tetapi juga didukung oleh alasan ilmiah.

Manusia telah membuat musik selama lebih dari 40.000 tahun. Musik adalah bahasa universal yang bermanfaat bagi kita secara individu dan kolektif.

Ilmuan evolusi mengatakan bahwa manusia cenderung mengembangkan ketergantungan pada musik sebagai alat komunikasi. Selain itu, mendengarkan musik memiliki beberapa manfaat secara fisik, mental, dan emosional.

Melansir dari Swristler.ndtv (15/4/2020) berikut 4 manfaatnya mendengarkan musik:

1. Menyatukan banyak orang

Musik telah menyatukan orang-orang melalui lagu kebangsaan, yang menghubungkan banyak orang salah satunya dalam acara olahraga.

Juga melalui lagu pengantar tidur, yang membantu orang tua dan bayi mengembangkan ikatan emosional mereka.

Selain itu, acara-acara musik juga membuat setiap orang yang tida saling kenal bisa bergembira bersama tanpa memandang perbedaan.

2. Membuat otak bekerja lebih aktif

Para peneliti di Universitas John Hopkins di AS percaya bahwa, mendengarkan musik dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih baik.

Mereka telah melihat bahwa area aktif di otak Anda menyala ketika mendengarkan musik. Musik melibatkan pikiran kita, hak ini telah dibuktikan pada pemindaian MRI.

3. Meningkatkan daya ingat

Musik dapat meningkatkan daya ingat. The Mayo Clinic, menemukan bahwa walaupun musik tidak membalikkan kehilangan ingatan karena Alzheimer atau Dementia, ia dapat memperlambat penurunan kognitif pada daya ingat seseorang.

4. Manfaat untuk semua jenis kalangan

Musik memberikan banyak manfaat bagi tubuh, pikiran, dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Tak peduli berapa dari usia, ras atau jenis kelamin Anda.

Jadi marilah kita memanjakan diri kita lebih dalam dengan musik, dan memiliki pikiran yang bahagia dan sehat.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar