Pemkab Purwakarta Alokasikan Rp18 Miliar untuk Tanggung Ekonomi Warga

  Kamis, 02 April 2020   Dede Nurhasanudin
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Akibat wabah virus corona masyarakat diminta untuk membatasi aktivitas di luar rumah.

Hal itu tentu berdampak terhadap perekonomian masyarakat jika dibandingkan dengan sebelum ada wabah virus corona.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menyadari jika perekonomian masyarakat di wilayahnya akan mengalami kelesuan, terutama bagi masyarakat yang tidak memiliki penghasilan tetap. 

Untuk itu, pihaknya pun alokasi anggaran sebesar Rp18 miliar sebagai upaya menanggulangi masalah perekonomian masyarakat, setidaknya untuk tiga bulan ke depan terhitung April hingga Juni 2020.

"Setiap kepala keluarga akan mendapat Rp300.000 perbulan, bentuk bantuannya berupa uang tunai yang akan dikirim langsung ke masing-masing penerima, kemungkinan di pekan ketiga nanti bantuan tersebut bisa didistribusikan," kata dia.

Ia mengatakan, jumlah kepala keluarga yang berhak menerima bantuan tidak kurang dari 33.000.

Dengan rincian, 9.000 kepala keluarga kategori miskin di luar penerima PKH dan BPNT, serta 24.000 kepala keluarga kategori rawan miskin.

"Data ini pun belum termasuk pedagang kecil dan buruh harian,"kata dia.
 
Anne mengakui jika alokasi anggaran belum bisa menutupi seluruh penerima, hanya mampu memberikan kepada 20.000 kepala keluarga.
"Anggaran kami terbatas, sisanya kami berharap bantuan dari Pemprov Jabar, dan Premprov Jabar juga saat ini tengah validasi data," kata Anne.
 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar