Warga Penerima DTKS Tak Dapat Bantuan Covid-19

  Rabu, 01 April 2020   Dede Nurhasanudin
ilustasi social distancing sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona. (Pixabay)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Warga Kabupaten Purwakarta tidak lama lagi akan menerima bantuan penyaluran Covid-19 dari kabupaten dan provinsi.

Saat ini pemerintah setempat tengah mendata siapa saja yang berhak memperoleh bantuan tersebut.

"Sedang kami data, jika sudah selesai akan segera kami salurkan. Kami sekarang baru mendata sebanyak 33 ribu kepala keluarga yang didapatkan dari desa," ungkap Kepala Dinas Sosial Purwakarta, Asep Surya, Rabu (1/4/2020).

Ia menjelaskan, warga penerima bantuan Covid-19 adalah di luar penerima data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), seperti program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non tunai (BPNT), data BPJS kesehatan, hingga data Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang jumlah seluruhnya 73 ribu orang.

Bantuan Covid-19, lanjut Asep, berasal dari provinsi juga kabupaten, dengan rincian bantuan provinsi yakni Rp500.000 per kartu keluarga selama empat bulan mulai April hingga Juli.

Sementara bantuan dari kabupaten melalui dana APBD kisarannya sekitar Rp11 miliar, yang saat ini tengah mengkaji besaran Rp300.000 per kartu keluarga yang juga selama empat bulan ke depan.

"Dari provinsi sebesar Rp500 ribu itu Rp350 ribu berupa sembako dan Rp150 ribu berupa uang tunai yang diambil di Kantor Pos," katanya.

"Sedangkan sembakonya akan diantarkan oleh Gojek melalui Go-food yang ditunjuk oleh Bulog, kalau dari kabupaten masih kami kaji. Jadi pihak desa harus benar-benar melakukan pendataannya agar tepat sasaran," imbuhnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar