Belum Terbukti Positif, Pasien Meninggal di Purwakarta Ditangani Seperti Pasien Covid-19

  Senin, 30 Maret 2020   Dede Nurhasanudin
Direktur Utama RSUD Bayu Asih Kabupaten Purwakarta Agung Darwis. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Seorang pasien di RSUD Bayu Asih Kabupaten Purwakarta meninggal dunia usai 1-2 jam memasuki rumah sakit tersebut.

Direktur Utama RSUD Bayu Asih Kabupaten Purwakarta Agung Darwis mengatakan, pasien tersebut belum dipastikan positif Covid-19. Namun dalam penanganannya disamakan dengan pasien terpapar Covid-19.

"Pasien memang bergejala mirip corona seperti batuk dan pilek, namun belum tentu positif walaupun dalam pemakamannya menyerupai pasien positif Covid-19, menggunakan alat pelindung diri (APD)," ujar dia, Senin (30/3/2020).

Menurutnya, dalam kondisi di tengah pandemi, jika ada pasien bergejala batuk, flu, dan panas, maka masyarakat merasa khawatir, apalagi ada yang sampai meninggal dunia. Walaupun begitu, dia menegaskan. hal demikian yang dialami pasien meninggal di rumah sakitnya, belum tentu positif Covid-19.

"Namun upaya pencegahan tetap harus kita lakukan," kata Agung.

Selain itu, ia menyebut, hingga saat ini Purwakarta belum masuk dalam transmisi lokal atau penyebaran antarmanusia yang terjadi dalam satu wilayah.

"Pasien positif pertama yang saat ini sudah sembuh, itu pulang dari luar negeri, begitu juga pasien positif kedua yang saat ini masih dalam perawatan pulang dari luar kota," kata dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar