Jalankan Intruksi Presiden, Purwakarta Realokasi Anggaran untuk Tanggulangi Covid-19

  Senin, 23 Maret 2020   Dede Nurhasanudin
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dengan jajaran melaporkan perkembangan kasus Covid-19 di Purwakarta. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM – Pemerintah Kabupaten Purwakarta telah menindaklanjuti intruksi Presiden Joko Widodo mengenai pengalokasian anggaran serta pengadaan barang dan jasa untuk mempercepat penanganan Covid-19.

"Kami telah melakukan realokasi dana anggaran khusus bidang kesehatan yang nantinya digunakanan untuk penanggulangan Covid-19, khususnya penyediaan kelengkapan medis, seperti obat-obatan, masker, rapid test, alat pelindung diri, lebih kepada penyediaan seperti itu," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika di Gedung Negara Purwakarta, Senin (23/3/2020).

Alokasi anggaran penanggulangan tersebut berasal dari dinas kesehatan yang menggeser ajuan anggaran semula sebesar Rp5 miliar tapi terealisasi sebesar Rp3 miliar. Lalu dari DPKPB sebesar Rp300 Juta, ditambah dari dinas-dinas lainnya.

"Pergesaran itu mudah-mudahan bisa tembus Rp5 miliar dan mencukupi untuk kebutuhan penanganan Covid-19 paling tidak untuk satu bulan," kata Anne.

Namun, lanjut Anne, anggaran itu juga bisa saja kurang mengingat tidak ada yang mengetahui sampai kapan virus berbahaya ini akan hilang.

"Tidak tahu sampai kapan, yang pasti upaya-upaya akan kami terus lakukan untuk meminimisasi wabah virus corona ini," ujar dia.

Saat disinggung mengenai adanya kompensasi bagi masyarakat yang tinggal di rumah, Anne mengaku belum ada arah ke sana.

"Belum ada, tapi untuk perawatan ODP dan PDP kita bantu, karena itu bukan hanya di bidang kesehatan tapi juga sosial," ujar Anne.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar