Warga Sukasari Purwakarta Ingin Kembangkan Wisata Batu Peti

  Jumat, 13 Maret 2020   Dede Nurhasanudin
Batu purba yang disebut batu peti oleh warga di Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

SUKASARI, AYOPURWAKARTA.COM -- Sejumlah benda bersejarah dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Tidak sedikit benda atau lokasi bersejarah dijadikan objek wisata yang mampu menarik perhatian wisatawan.

Hasil penemuan batu menyerupai benteng kerajaan di lahan perhutani di Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta juga diduga memiliki nilai sejarah dan cocok dijadikan destinasi wisata.

Harapan itu setidaknya diungkapkan salah seorang tokoh masyarakat setempat, Ahmad Fadil. Dia mengharapkan pemerintah menerjunkan tim ahli untuk meneliti batu yang biasa disebut batu peti itu.

"Kami inginnya ada peneliti kemudian pemerintah mendorong lokasi ini menjadi destinasi wisata," ungkap dia, Jumat (13/3/2020).

Ia mengatakan, sejak beberapa tahun terakhir ada mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi hingga para ahli arkeologi dan sejarah melakukan penelitian dan menguji sample batu, dan kabarnya batu tersebut berasal dari 3 peradaban kebudayaan yaitu tahun 2400 Sebelum Masehi (SM),1621 SM, dan tahun 792 M.

Menurutnya, jika lokasi batu peti telah menjadi destinasi wisata akan mampu menarik perhatian wisatawan. Apalagi ditunjang dengan pemandangan eksotis dari pegunungan dan perairan Danau Jatiluhur menambah keindahan di sekitar batu peti.

"Rencana kami akan fokus kepada pengembangan pariwisata saja, tinggal akses jalan yang belum maksimal dan baru pengajuan ke pemerintah mudah- mudahan secepatnya dapat terealisasi," ujar dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar