Kampung Tajur Andalan Desa Wisata di Purwakarta

  Selasa, 11 Februari 2020   Dede Nurhasanudin
Kampung Tajur Purwakarta. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

KIARAPEDES, AYOPURWAKARTA.COM -- Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta tengah mengembangkan desa wisata yang di dalamnya penuh dengan kearifan lokal dan edukasi.

Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Irfan Suryana mengatakan, pengembangan desa wisata terus dilakukan sebagai daya tarik wisatawan.

Pada tahun ini pihaknya telah mengajukan satu tempat di Kecamatan Kiarapedes sebagai desa wisata. Namun usulan itu dikaji kelayakannya untuk dijadikan desa wisata.

"Dapat disebut desa wisata itu kan ada kategorinya, misal mesti menonjolkan kearifan lokalnya," ungkap dia, Selasa (11/2/2020).

Dia mengatakan, sebelumnya juga, terdapat desa wisata di Kecamatan Kiarapedes bernama Kampung Tajur.

Pengunjung dapat teredukasi bila telah mendatangi Kampung Tajur, mulai dari mengetahui bagaimana cara membajak sawah, menanam padi, menangkap ikan, hingga membuat gula aren. Selebihnya, pengunjung bisa melihat keseharian warga sana.

"Rumah-rumahnya juga masih rumah panggung dan bilik. Cara memasaknya juga masih gunakan tungku atau kayu bakar, tidak seperti masyarakat pada umumnya menggunakan elpiji," ujar dia.

Dia menyebut, Kampung Tajur menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Purwakarta yang mampu menyedot perhatian wisatawan yang bosan dengan hirup pikuk keramain kota.

Setiap pekan, pengunjung yang datang tidak kurang dari 50 orang atau untuk rombongan tidak kurang dari 200 orang. "Kebanyakan memang dari wilayah-wilayah perkotaan yang memang jenuh datang ke mal sehingga beralih ke desa wisata," kata Irfan.

Kampung Tajur ini, lanjut irfan, merupakan implementasi instruksi Kementerian Pariwisata terkait desa wisata sebagai destinasi wisata.

"Jika perkampungan yang diusulkan masuk dalam kategori otomatis desa wisata di Purwakarta bertambah menjadi dua, sehingga nantinya bisa memberikan pendapatan ke masyarakat sekitar juga BUMDes setempat," ujar dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar