Blanko KTP Elektronik Terbatas, Warga Diminta Bersabar

  Rabu, 22 Januari 2020   Dede Nurhasanudin
Perekaman KTP-el. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Sejumlah warganet mengeluhkan lamanya permohonan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-El)

Keluhan itu salah satunya dikeluhkan pemilik akun facebook bernama Sopian Alghazaly. Ia mengaku telah mengajukan pencetakan KTP sudah tiga bulan, namun tak kunjung selesai, berbeda dengan pencetakan KIA yang satu hari selesai.

Menanggapi keluhan tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purwakarta, Sulaiman Wilman mengimbau kepada masyarakat untuk bersabar.  Semua permohonan pencetakan setiap hari diproses, namun membutuhkan waktu lebih karena stok blanko yang dimiliki terbatas.

AYO BACA : Antisipasi Pencetakan KIA Membludak, Disdukcapil Akan Masuk ke Sekolah

"Blanko setiap hari ada, namun jumlahnya tidak banyak, pemerintah pusat memberikan 500 keping setiap bulannya," ungkap dia, Rabu (22/1/2020).

Ia mengatakan, pihaknya mendapat blanko tiga kali lipat pada bulan ini, tapi minggu ini sudah dicetak. "Dalam waktu dekat kita akan ke Jakarta untuk mengambil blanko," ujar dia.

Ia mengatakan, dalam pencetakan KTP pihaknya prioritaskan pemula, bukan berarti yang pemohon perubahan status atau tempat tidak tidak dilayani, namun didahulukan pemula.

"Pemohon pencetakan KTP setiap harinya memang cukup banyak, seperti ganti status, pindah alamat," kata Wilman.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar