Antisipasi Pencetakan KIA Membludak, Disdukcapil Akan Masuk ke Sekolah

  Rabu, 22 Januari 2020   Dede Nurhasanudin
Kartu identitas anak. (ayobandung)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Pemohon Kartu Identitas Anak (KIA) di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Purwakarta membludak. Disdukcapil Purwakarta pun harus  membuka 250 tiket pelayanan setiap hari.

Kantor Disdukcapil setiap hari disesaki pemohon KIA rombongan sekolah maupun perorangan yang mengantar anaknya mencetak kartu. Bahkan tidak sedikit pula pemohon telah kehabisan tiket pelayanan.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Purwakarta, Sulaiman Wilman mengetahui kondisi itu dan menyatakan pihaknya akan melakukan jemput bola dengan mendatangi sekolah-sekolah. "

"Awal Februari kita mulai, pertama di SMPN Pasawahan," ujar dia, Rabu (22/1/2020).

Selain jemput bola, pencetakan KIA juga akan dilakukan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Pasar Jumat nanti.

"Jadi tidak hanya di sini (kantor) ke depan pencetakan KIA bisa di MPP dan kita juga upayakan jemput bola," ujar Wilman.

Ia mengatakan, sejumlah upaya itu ditempuh untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, disamping mengejar targetan sebanyak 46 ribu pencetakan KIA.

"Kami miliki stok blanko KIA 46 ribu, target kami stok itu habis sampai April, sehingga Mei dapat dilakukan pengadaan lagi," kata dia.

Seperti diketahui, manfaat KIA tidak berbeda jauh dengan KTP yang dimiliki orang dewasa, hanya saja KIA tidak ada chip seperti KTP. Namun penggunaannya sama, yaitu identitas kependudukan.

Bagi anak yang memiliki KIA bahkan dapat memperoleh diskon khusus di tempat rekreasi atau perbelanjaan. Namun, pemberian diskon hanya berlaku yang memang sudah menjadi mitra pemerintah daerah. Jadi, berbagai kemudahan yang diberikan bagi pemegang KIA ini akan tergantung pada masing-masing daerah.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar