Selama Setahun, Disdukcapil Purwakarta Cetak 6.000 KIA

  Selasa, 21 Januari 2020   Dede Nurhasanudin
Pelayanan di Kantor Disdukcapil Kabupaten Purwakarta. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purwakarta baru mencetak 6.000 keping kartu identitas anak (KIA) hingga awal tahun 2020 ini.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Purwakarta Sulaiman Wilman mengatakan, jumlah itu bertambah lagi setiap harinya. Bahkan nomor antrean pemohon setiap harinya diklaim tak tersisa. Hal itu menunjukan jika sejak dibuka pada Februari tahun lalu pemohon cukup tinggi.

"Dalam sehari rata-rata kami mencetak 300 keping KIA, sampai saat ini sudah ada sekitar 6.000 keping yang sudah kami cetak," ungkap dia, Selasa (21/1/2020).

Mengenai ketersediaan blangko KIA, dia mengaku cukup banyak bahkan cukup hingga Mei nanti. Jika pun stoknya habis akan diajukan kepada pemerintah pusat.

"KIA ini kan program nasional, jadi dapat dikatan semua anak berusia 5-16 tahun harus memiliki KIA. Kami punya stok 46 ribu keping, kalau habis kita pengadaan lagi," kata dia.

Ada pun manfaat KIA, katanya, tidak berbeda jauh dengan KTP yang dimiliki orang dewasa. Hanya saja, KIA tidak memiliki chip, namun secara umum penggunaannya sama yaitu sebagai identitas kependudukan.

Disamping itu, bagi anak yang memiliki KIA dapat memperoleh diskon khusus di tempat rekreasi atau perbelanjaan. Namun, pemberian diskon hanya berlaku bagi yang telah bermitra dengan pemerintah.

"Secara lisan sudah kami sampaikan ke bupati, namun sejauh ini belum ada kerja sama dengan pihak mana pun, kami fokus saja dulu pada pencetakan, jika semua anak sudah memiliki KIA baru kita melangkah ke kerja sama," ujar dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar