Menjelang Imlek, Klenteng Budi Asih Mulai Dibersihkan

  Selasa, 21 Januari 2020   Dede Nurhasanudin
Pengelola Klenteng Budi Asih Purwakarta, Oong berfoto disamping patung Dewi Kwan In. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Menjelang Imlek ke-2561, Klenteng Budi Asih Purwakarta yang berlokasi di Jalan Raya Jenderal Ahmad Yani mulai dibersihkan, Selasa (21/1/2020).

Selain membersihkan semua sudut, pengurus juga memandikan patung dewa-dewi yang berada di dalam klenteng menggunakan air kembang.

Pengelola Klenteng Budi Asih Purwakarta, Oong mengatakan, patung yang dimandikan di antaranya Kong Co Wan Kong (panglima perang), Kong Co Hotengsin (Dewa Uang), dan Maha Dewi Kwan In (Dewi Welas Asih).

"Sejak pagi kami bersih-bersih dan memandikan sejumlah patung dewa menggunakan air kembang," ungkap dia.

Dia menjelaskan, ketiga patung tersebut merupakan patung utama yang nantinya menjadi titik ibadah umat Budha di Purwakarta.

Satu di antaranya adalah patung yang dapat dikatakan tuan rumah, yaitu Kong Co Wan Kong atau dewa panglima perang yang sayang dengan rakyatnya. "Ketiga dewa-dewi ini sayang sekali pada umatnya," kata Oong.

Tak hanya tiga patung tersebut, terdapat juga patung lain yang ada di Klenteng Budi Asih, semisal Tuti Kung atau Dewa Bumi yang berada di bagian bawah patung panglima perang.

Menurut Oong, patung-patung sengaja dimandikan hari ini karena rohnya sedang kosong dan akan turun kembali pada malam imlek nanti. "Sedang kosong, jadi kita mandikan, sebelum nanti kembali," ujar dia.

Diketahui, perayaan Imlek ke-2561 jatuh pada hari Sabtu 25 Januari mendatang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar