PMI Purwakarta Kekurangan Pendonor Darah

  Senin, 20 Januari 2020   Dede Nurhasanudin
Kantor PMI Kabupaten Purwakarta. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Darah adalah salah satu bagian terpenting dalam tubuh. Apabila manusia kekurangan darah maka bisa jadi manusia itu akan lemas, karena cairan yang mengangkut sari makanan, atau oksigen ke seluruh tubuhnya tidak terpenuhi.

Pada sejumlah rumah sakit sering kali membutuhkan darah sebagai penunjang kesembuhan pasien yang tengah dirawat. Namun apa jadinya jika stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) berkurang, seperti halnya di Purwakarta karena sedang mengalami penurunan pendonor.

"Saat ini kami baru memiliki ketersediaan darah 81 labu dengan rincian, golongan darah A 10, golongan darah B 45, golongan darah O 20, dan golongan darah AB 6," ungkap salah seorang petugas Unit Doror Darah PMI Purwakarta, Uwoh, Senin (20/1/2020).

Menurutnya, jumlah tersebut dapat dikatakan sedikit jika dibandingan dengan permintaan yang setiap harinya cukup tinggi. Apalagi golongan darah A dan B nyaris paling tinggi.

"Hari ini stok darah sedang sedikit. Permintaan paling banyak A dan B. Sedangkan pemasok ke PMI Purwakarta banyak B dan 0," kata dia.

Sebagai upaya, pihaknya sering kali jemput bola menggunakan mobile unit yang biasa berkeliling ke perusahaan-perusahaan secara berkala.

Menurutnya, upaya itu dinilai efektif jika dibandingan menunggu pendonor datang ke kantor.

"Pendonor darah datang langsung ke kantor dalam sehari 10 orang ada, itu juga tidak semua dapat mendonorkan darahnya, karena dilihat dari kondisi bersangkutan," ujar Uwoh.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar