Seorang Warga Darangdan Meninggal Diduga Akibat DBD

  Rabu, 15 Januari 2020   Dede Nurhasanudin
Ilustrasi nyamuk Aedes Aegypti. ( 41330/Pixabay )

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA COM -- Sejumlah warga di Kecamatan Darangdan terbaring lemas di Puskesmas setempat, diduga terindikasi terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD). 

Bahkan diketahui telah ada seorang warga Desa Lingga mukti meninggal dunia akibat penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti itu.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, dr Meisera Pramayanti angkat bicara mengenai wabah DBD di Kecamatan Darangdan itu.

Menurutnya, pada musim hujan munculnya sejumlah penyakit memang harus diwaspadai, satu di antaranya adalah penyakit DBD.

Dari 17 kecamatan yang ada, di Kecamatan Darangdan kasus DBD memang cukup tinggi jika dibandingkan wilayah lain. Hal itu berdasarkan laporan yang masuk ke Dinas Kesehatan.

"Berdasarkan laporan penyakit DBD di Kecamatan Darangdan paling banyak. Kalau wilayah lain nihil. Kami hanya punya laporan terakhir yang Desember 2019. Sedangkan Januari ini masih belum ada laporan," ujar dia, Rabu (15/1/2020).

Ia menjelaskan, pada Desember 2019 sudah ada 24 kasus DBD. Namun, secara keseluruhan 2019 tercatat ada 516 kasus.

Sejauh ini pihaknya terus berupaya menekan jumlah kasus melalui sejumlah program, di antaranya fogging dan sosialisasikan kepada masyarakat. Karena, lanjut dia peran aktif masyarakat juga sangat diperlukan sebagai faktor pendukung agar kasus DBD menurun bahkan tidak ada.

"Masyarakat harus ada gerakan satu rumah satu jumantik guna melakukan jentik berkala minimal tiga bulan sekali ke rumah-rumah warga," ujar Misera.

Selain itu, ia mengimbau kepada masyarakat terutama aparat mulai sektor kesehatan di puskesmas, klinik, hingga rumah sakit untuk mengantisipasi dan waspada jika ada pasien yang mengalami gejala demam.

"Kami coba edarkan surat edaran kepada aparat kesehatan dan kecamatan, terutama antar sektor untuk berkoordinasi," katanya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->