Polres Purwakarta Sarankan Ini Ketika Anda Berkendara di Musim Hujan

  Jumat, 10 Januari 2020   Dede Nurhasanudin
Ilustrasi. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Intensitas hujan di Jawa Barat mulai tinggi, termasuk di Kabupaten Purwakarta sejak beberapa hari terakhir. Hujan yang turun berintensitas tinggi sehingga harus diwaspadai, termasuk bagi pengguna jalan.

Di musim ini, masyarakat yang biasa beraktivitas menggunakan kendaraan bermotor, penggunaan jas hujan menjadi salah satu kelengkapan perjalanan yang sedia harus selalu ada. Namun, kepolisian mengimbau para pengguna sepeda motor untuk tak menggunakan jas hujan jenis ponco atau jas hujan panjang.

"Menggunakan jas hujan panjang sangat berbahaya, rawan masuk ke velg dan rantai sepeda motor yang dapat menyebabkan terjadi kecelakaan," ungkapĀ  Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Zanuar Cahyo Wibowo, Jumat (10/1/2020).

Tak hanya itu, Zanuar juga memberikan tips lain berkendaraan saat turun hujan. Ia mengatakan, sering kali ditemukan genangan air terjadi di badan jalan, hingga jalan berlubang tidak terlihat karena tertutupi.

"Nah, genangan air itu dapat menimbulkan gejala aquaplanning atau terjadi hilangnya kontak ban dengan permukaan jalan, akibatnya kendaraan jadi tak stabil," ujar dia.

Zanuar juga mengimbau, para pengendara agar tidak berlomba-lomba memacu kecepatan kendaraan. Kondisi badan jalan yang licin menyebabkan kecelakaan semakin rawan. "Tak kalah penting patuhi tata tertib lalu lintas," ucap dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar