Pemkab Purwakarta Pastikan Longsor Tak Mengganggu Masa Tanam

  Senin, 06 Januari 2020   Dede Nurhasanudin
Lokasi kejadian longsor yang area persawahan di Kampung Kubang, Desa Legoksari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

DARANGDAN, AYOPURWAKARTA.COM -- Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Agus Rachlan Suherlan memastikan, longsor yang menerjang persawahan di Kampung Kubang, Desa Legoksari, Kecamatan Darangdan, tidak akan menggangu masa tanam pertama di tahun ini.

Diketahui, tiga petak persawahan di kampung tersebut ambrol pada malam pergantian tahun. Saluran irigasi yang menjadi sumber pengaliran pertanian di kecamatan itu juga tergerus longsor menimpa sejumlah petak sawah tepat berada di bawah tebing.

"Saluran air memang tergerus longor, tapi tidak terlalu mempengaruhi pada musim tanam karena intensitas curah hujan saat ini cukup tinggi, jadi para petani dapat memanfaatkan air hujan untuk mengairi sawah milik mereka," ungkap Agus saat meninjau lokasi longsor, Senin (6/1/2020).

Selain air hujan, para petani juga dapat memanfaatkan dua irigasi lain untuk mengairi persawahan milik para petani. "Saluran air yang tergerus adalah irigasi sekunder yang berada di tengah, sementara dua irigasi lain dapat dimanfaatkan," kata dia.

Meski begitu, Agus berkomitmen akan segera melakukan sejumlah upaya agar air tetap mengalir mengairi sawah berada wilayah hilir.

"Penanganan akan kami lakukan, tadi kami sudah berkoordinasi kelompok tani dan pihak kecamatan, solusi awal paling menggunakan pipa agar air tetap mengalir," kata dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar