Fakta-fakta Menarik Seputar Tahun Baru

  Selasa, 31 Desember 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Ilustrasi tahun baru. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Momen tahun baru tak melulu mengenai selebrasi atau perayaan. Sejumlah fakta menarik di luar dua hal itu ternyata terjadi juga.

Dilansir Suara.com, berikut adalah beberapa fakta menarik tentang tahun baru yang mungkin mengejutkan Anda, seperti dilansir dari Hindustan Times.

1. Di Amerika, sangat diyakini bahwa makan kacang polong hitam pada malam tahun baru akan membawa keberuntungan di tahun mendatang.

2. Orang-orang di Italia percaya bahwa mengenakan pakaian dalam warna merah di hari tahun baru akan membawa keberuntungan bagi mereka.

3. Malam tahun baru dan resolusi adalah dua hal yang berhubungan erat. Resolusi tahun baru merupakan tradisi kuno, di mana seseorang dapat memutuskan untuk mengubah kebiasaan atau karakteristik yang tidak lagi mereka inginkan. Praktik ini pertama kali diyakini telah dimulai di belahan barat, dan kemudian ditiru oleh masyarakat timur.

4. Kaisar Romawi Julius Caesar harus diberi penghargaan karena menetapkan hari tahun baru. Hari ini adalah bagian dari kalender Julian yang ia perkenalkan pada 45 SM.

5. Rekaman paling awal dari perayaan tahun baru dimulai pada 2000 SM di Mesopotamia kuno. Peristiwa itu terjadi pada pertengahan Maret sekitar waktu titik balik musim semi.

6. Bulan Januari dinamai dewa Romawi Janus. Dia memiliki dua wajah, satu melihat ke depan dan satu melihat ke belakang. Janus dikatakan memerintah atas pintu, awal dan akhir.

7. Kalender Gregorian memulihkan 1 Januari sebagai hari tahun baru pada tahun 1582. Pada masa sekarang, hari tahun baru mungkin adalah hari libur umum yang paling terkenal.

8. Anda bisa merayakan malam tahun baru dua kali dalam satu hari. Dengan bepergian dari Samoa, Amerika (wilayah ini dipisahkan oleh waktu 24 jam), Anda dapat memundurkan waktu dan bersenang-senang menikmati pesta tahun baru lagi.

9. Menurut sebuah tradisi di Rumania, para petani mencoba berbicara dengan hewan-hewan mereka pada hari tahun baru. Mereka percaya bahwa berbicara dengan binatang membawa keberuntungan dan kesehatan yang lebih baik.

10. Makan anggur di tengah malam pada tahun baru adalah tradisi di Spanyol. Orang-orang dari Spanyol percaya bahwa makan 12 buah anggur pada tengah malam memastikan 12 bulan keberuntungan di tahun mendatang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar