Penderita HIV/AIDS Diharapkan Intensif Jalani Pengobatan

  Rabu, 04 Desember 2019   Dede Nurhasanudin
Ilustrasi.

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA)  harus mengonsumsi obat antiretroviral (ARV) seumur hidup untuk mengendalikan virus yang ada di dalam tubuh.

Pengelola Program di Komisi Pengelolaan Aids pada Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Purwakarta, Wahyu Yulhaidir, mengatakan, bila ODHA rutin Minum ARV bisa mengecek jumlah virus melalui Viral Load.

Pengecekan bertujuan untuk mengetahui jumlah virus sampai pada virus undetectable hingga tidak terlihat.

"Minimal telah konsumsi ARV lebih dari satu tahun, obatnya gratis dari pemerintah," ujar dia, Rabu (4/12/2019).

Selain itu, target program pengendalian Kemenkes sampai Tahun 2030 yaitu Tri Zero, Zero infeksi HIV, Zero Kematian akibat AIDS dan Zero Stigma dan diskriminasi bagi ODHA.

"Setiap kecamatan bisa tes HIV gratis dan empat rumah sakit di antaranya RS Ramahadi, Bayu Asih, RS Amira, dan RS Siloam," ujar dia.

Sebelumnya, salah satu yayasan menangani virus HIV/AIDS, Yayasan Resik Purwakarta mengajak masyarakat dan pemerintah untuk membangun pengetahuan mengenai virus HIV/AIDS. Sebab stigma di masyarakat masih ada dan partisipasi masyarakat dianggap kurang.

Yayasan Resik Purwakarta pun aktif gencar melakukan sosialisasi untuk menambah wawasan masyarakat tentang HIV/AIDS serta melakukan penanggulangan Aids berbasis masyarakat.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->