Lomba Gapura Unik Semarakan HUT RI di Purwakarta

  Jumat, 16 Agustus 2019   Dede Nurhasanudin
Salah satu gapura di Perum Griya Asri Kelurahan Cieureuh, Kecamatan Purwakarta Kota, Kabupaten Purwakarta, dikonsep menjadi unik untuk menyambut HUT RI ke-74. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Beragam cara dapat dilakukan untuk memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indoesia ke-74 ini. Bisa dengan menggelar perlombaan, misalnya panjat pinang, balap karung, atau lomba-lomba lainnya.

Tak terkecuali dengan warga Perumahan Griya Asri, RT/RW 13/11, Kelurahan Cieureuh, Kecamatan Purwakarta Kota, Kabupaten Purwakarta, perlombaan juga turut diadakan. Tetapi bedanya, lomba yang diikuti warga adalah menghias gapura semenarik mungkin sehingga membuat suasana lingkungan menjadi lebih semarak saat hari kemerdekaan berlangsung.

AYO BACA : Pengurangan Sampah Plastik Melalui Karnaval

Pengerjaan hias gapura ini diinisiasi oleh para pemuda yang tergabung dalam karang taruna setempat. Wadah pemuda ini berusaha merangkul masyarakat setempat untuk ikut berperan aktif memeriahkan peringatan hari kemerdekaan.

Ketua pelaksana perlombaan, Rika Juniar Amalia mengatakan, lomba menghias gapura dipilih memang agar lingkungan setempat lebih terlihat meriah dan ramai." Kami ingin masyarakat aktif memeriahkan menjelang hari kemerdekaan, maka menghias gapura ini kita sepakati, danĀ  ternyata mereka antusias," kata Rika, Jumat (16/8/2019).

AYO BACA : Jokowi Apresiasi Lembaga-lembaga Negara dalam Pidato Kenegaraan

Ia mengatakan, di balik perlombaan yang menyita kreativitas itu, paling utama adalah bukan siapa di antara warga yang menjadi juara, melainkan makna dalam memeriahkan hari kemerdekaan menjadi dirasakan bersama-sama.

Sementara, salah seorang peserta Lutfi Al Hadi mengaku, dirinya bersama masyarakat lain menghias gapura tidak kurang dari 10 hari. Gapura yang dirinya desain lebih banyak dihiasi bendera, umbul-umbul, ditambah pernak-pernik menarik lainnya.

"Gapura punya kami ditambah juga warna warni lampu, jika malam hari lebih terlihat bagus dan meriah. Soal juara atau tidak itu bukan utama, yang penting kita sama-sama memeriahkan hari kemerdekaan," singkat dia.

AYO BACA : Iuran BPJS Kesehatan Diproyeksikan Naik Hingga Rp40.000

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar