Jalan Militer Tak Kunjung di Perbaiki

  Selasa, 13 Agustus 2019   Dede Nurhasanudin
Kondisi ruas Jalan Militer di Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYPURWAKARTA.COM -- Kerusakan Jalan Militer di Kecamatan Darangdan, Purwakarta, tak kunjung diperbaiki oleh pihak pengembang pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Padahal sebelumnya telah ada komitmen dengan pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Pengairan (DPUBMP).

Kepala Bidang Perencanaan pada DPUBPM Kabupaten Purwakarta Lalan Suherlan mengatakan, ada dua kontraktor yang membangun proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) di Kecamatan Darangdan, yaitu PT Wika dan Crec.

Bersama kedua perusahaan itu, pihaknya telah mengambil kesepakatan bahwa keduanya akan memperbaiki kerusakan struktur jalan penghubung antar desa sepanjang 4,2 kilometer tersebut. Namun hingga kini perbaikan belum juga dilakukan.

"Tidak ada. Sampai saat ini juga belum ada upaya perbaikan Jalan Militer," kata Lalan, belum lama ini.

AYO BACA : Perbaikan Ruas Jalan Militer Hanya Penambalan

Hampir sebulan lebih, komitmen perbaikan Jalan Militer oleh Wika maupun Crec masih mandeg. Sebelumnya, Wika maupun Crec berkomitmen memperbaiki Jalan Militer mulai bulan Juli 2019.

Namun, hingga memasuki bulan Agustus, komitmen tersebut masih juga belum dilaksanakan. "Belum diperbaiki. Informasinya masih ada permasalahan di internal Wika maupun Crec. Tentang siapa yang akan mengeksekusi perbaikan," ujar Lalan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kondisi ruas Jalan Militer saat ini rusak parah. Terdapat juga kubangan berukuran besar di sejumlah titik.

Banyaknya debu yang ditimbulkan truk bermuatan berat melintas menambah ketidak nyamanan para pengguna jalan bahkan warga sekitar. Meski sesekali dilakukan penyiraman jalan oleh pihak pengembang, namun hal itu bukan solusi utama karena jalan malah menjadi licin dan rawan terjadi kecelakaan.

AYO BACA : Jalan Militer Darangdan Berlapis Tanah Merah

Lalan menambahkan, perbaikan Jalan Militer membutuhkan anggaran hingga miliaran rupiah. Pemkab Purwakarta meminta perbaikan segera dilakukan dan pekerjaannya tidak asal-asalan.

"Infonya belum ada kesepakatan pembiayaan. Kita tidak bertanggung jawab bilamana ada gerakan massa di lapangan. Soalnya, komitmen perbaikannya di awal Juli, tapi tidak ada, jika pun nanti diperbaiki harus serius, jangan asal-asalan," ucap dia.

Sementara dihubungi terpisah, Camat Darangdan Ade Sumarna mengaku telah mendorong hingga ke tingkat kabupaten soal perbaikan Jalan Militer. Rapat bersama pihak KCIC dan dinas terkait juga telah dilakukan.

"Rapat bersama kepala desa dengan Bina Marga, ada Pak Sekda juga waktu itu memfasilitasi pertemuan dengan pihak KCIC, saya juga ikut di sana," ujar camat, Selasa (13/8/2019).

Ia mengatakan, ruas jalan militer masuk di tiga desa, yaitu Desa Darangdan, Sirnamanah, dan Depok. Intinya, upaya dari pihak kecamatan sudah ada. Bahkan upaya itu sudah disampaikan ke tingkat kabupaten.

AYO BACA : Laka Lantas di Gunung Hejo Renggut Nyawa Ibu dan Anak

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar