Fasilitas di Taman Air Mancur Sri Baduga Butuh Perbaikan

  Jumat, 26 Juli 2019   Dede Nurhasanudin
Bangku penonton Taman Air Mancur Sri Baduga mulai patah dan rapuh dimakan rayap. (Dede Nurahsanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Sejumlah pengunjung objek wisata Taman Air Mancur Sri Baduga Kabupaten Purwakarta mengeluhkan kondisi bangku penonton mengalami kerusakan. Umumnya kerusakan terjadi karena patah dan mulai rapuh dimakan rayap.

\"Iya banyak bangku penonton rusak, harusnya ini segera diperbaiki,\" ujar salah seorang pengunjung Taman Air Mancur Sri Baduga, Rismawati (27), Jumat (26/7/2019).

Air mancur yang digadang-gadang terbesar se-Asia tenggara ini setiap harinya tak pernah sepi pengunjung, apalagi pada sore hari banyak masyarakat menghabiskan waktu luang bersama keluarga hanya sekedar untuk berswafoto atau aktivitas olahraga.

\"Harus ada perawatan ulang saja kayanya, mudah-mudahan secepatnya diperbaiki, soalnya bahaya juga banyak paku keluar dari badan kayu yang sudah patah,\" kata dia.

AYO BACA : Air Menyusut, Pertunjukan Air Mancur Taman Sri Baduga Malam Ini Batal Digelar

Terpisah,  Kepala Bidang Pertamanan dan PJU, Dinas Tata Ruang dan permukiman (Distarkim) Kabupaten Purwakarta, Kosasih tidak menampik sejumlah fasilitas di lokasi air mancur telah mengalami kerusakan. Termasuk bangku penonton.

\"Iya sebagian harus sudah ada yang diganti agar Taman Air Mancur Sri Baduga tetap beroperasi,\" ujar dia.

Kosasih menyebut, dua baris kursi depan dan belakang mulai lapuk dimakan usia, kemudian komponen penunjang air mancur seperti nosel, mesin pompa air juga harus ada perawatan ulang.

\"Bangku kursi penonton dua baris depan sekitar 700 meter dan dua baris belakang sekitar 750 meter akan kami ganti, kalau komponen seperti pompa air dan lampu memang perlu ada perawatan ulang, untuk jumlahnya belum diketahui,\" kata dia.

AYO BACA : Pemkab Purwakarta Tambahkan Pintu Masuk ke Taman Air Mancur Sri Baduga

Ia mengatakan, perbaikan akan dilakukan pada tahun ini secara bertahap, dan pada akhir tahun nanti juga akan dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

Bahkan, pihaknya merencanakan akan menghadirkan variasi baru untuk menghindari kebosanan para wisatawan. \"Nanti kita hadirkan terobosan baru, merubah sedikit warna lampu termasuk variasi air menari-nari di air mancur itu,\" ujar dia.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan menambah sarana lain di sekitaran air mancur, semisal ruang laktasi (ibu menyusui) memanfaatkan fasilitas kurang produktif.

\"Ruang laktasi itu akan kita bangun sesuai intruksi bupati, tujuannya agar penonton yang membawa anak masih diberikan ASI tidak kesulitan,\" ucap dia.

Kosasih menyebut, untuk revitalisasi secara keseluruhan Taman Air Mancur Sri Baduga pihaknya membutuhkan anggaran sebesar Rp8 miliar.

\"Yah kurang lebih segituh untuk revitalisasi secara keseluruhan, tapi renovasi dan penambahan sarana akan dilakukan secara bertahap,\" ujar Kosasih.

AYO BACA : Ngabuburit Sambil Lihat Hewan Reptil di Taman Sri Baduga

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar