Distan Purwakarta Siapkan 23 Ribu Ton Benih Padi

  Selasa, 23 Juli 2019   Dede Nurhasanudin
Seorang anak bermain di sawah yang mengalami kekeringan. (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta menyiapkan 23.000 ton benih padi untuk disalurkan kepada kelompok tani padi setempat.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Agus Rachman Suherlan mengatakan, bantuan benih padi akan disalurkan ke daerah yang memungkinkan untuk kembali tanam.

AYO BACA : Petani Purwakarta Terima Manfaat Selang Buang Air dari Kementerian Pertanian

"Bantuan ini kita prioritaskan yang memungkinkan bisa tanam kembali, yaitu daerah yang masih memiliki sumber air," kata Agus, Selasa (23/7/2019).

Agus mengaku, sejauh ini pihaknya telah melakukan survei ke lokasi untuk memastikan daerah mana saja nantinya benih padi didistribusikan. Hasilnya ada 920 hektare persawahan siap tanam kembali pada musim kemarau ini.

AYO BACA : Kepala Daerah Diminta Buat Perda Sawah Abadi

"Jadi 23.000 ton benih padi itu ditebar di 920 hektare persawahan di Purwakarta," ujar dia.

Jika dirincikan, rata-rata sebanyak 25 kilogram benih padi untuk per hektare persawahan siap tanam kembali. Dari benih itu, nantinya mampu menghasilkan 6,2 ton gabah kering giling.

Agus menambahkan, bantuan benih padi ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas padi di Kabupaten Purwakarta. "Benih padi beragam, di antaranya inpago, situ bagendit, dan mekongga. Benih itu dipilih sesuai permintaan para petani," ujar dia.

AYO BACA : 29 Ribu Hektare Lebih Sawah Jawa Barat Terdampak Kemarau

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar