Disdik Purwakarta Komitmen Akan Mengembangkan Alat BBA

  Kamis, 18 Juli 2019   Dede Nurhasanudin
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Purwanto meninjau penyubliman BBA di Gedung PGRI Kecamatan Tegalwaru, Kamis (18/7/2019). (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

TEGALWARU, AYOPURWAKARTA.COM -- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Purwanto mengaku telah mengetahui bahwa terdapat seorang ASN di lingkungan di dinasnya sangat kreatif dan inovatif hingga mampu menciptakan terobosan baru.

Menurutnya, hal itu perlu diapresiasi dan tentunya perlu didorong agar Ahmad Sudarna sebagai sang pencipta atau penemu bahan bakar alternatif (BBA) dari sampah plastik itu lebih berkembang di kemudian hari.

AYO BACA : Ahmad Sudarna Sulap Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar Alternatif

"Kami akan menjadikan pilot project alat ciptaan Ahmad, guru SDN 1 Karoya itu," kata Purwanto saat meninjau penyulingan Sampah Plastik di Gedung PGRI Kecamatan Tegalwaru, Kamis (18/7/2019).

Purwanto mengatakan, pihaknya akan melakukan penanganan sampah plastik di Purwakarta secara terstruktur di setiap sekolah. Bahkan dalam waktu dekat akan membangun tempat pengolahan sampah plastik di SDN 1 Karoya sebagai unggulan sekolah di Kabupaten Purwakarta.

AYO BACA : Kadisdik Purwakarta Ajak Siswa Manfaatkan Sampah Plastik Menjadi Multi Guna

"Upaya-upaya dalam mengembangkan sampah plastik akan terus kita lakukan," ujar dia.

Tak hanya itu, Purwanto juga menargetkan setiap kecamatan memiliki satu alat penyubliman sebagai bentuk pengurangan sampah plastik dan juga sebagai pengembangan alat buatan Ahmad.

"Tahun depan kita targetkan minimal satu kecamatan memiliki alat itu sebagai bukti kita konsisten dalam mengurangi limbah sampah plastik," ucap Purwanto.

Sebagai informasi, Ahmad Sudarna adalah seorang guru di Kecamatan Tegalwaru yang berhasil menciptakan BBA berbahan dasar sampah plastik dengan cara penyubliman dari alat yang telah dimodifikasi. Bahkan BBA itu layak digunakan berdasarkan penelitian dari ITB dan telah digunakan oleh sejumlah orang, khususnya digunakan untuk bahan bakar kendaraan.

AYO BACA : Masa Pengenalan Sekolah, Siswa Purwakarta Akan Fokus Jaga Kebersihan Lingkungan

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar