PJT II Dan Pemprov Jabar Sepakat Optimalkan Potensi Wisata Jatiluhur

  Rabu, 19 Juni 2019   Dede Nurhasanudin
Waduk Jatiluhur. (Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta).

JATILUHUR,AYOPURWAKARTA.COM--Direktur Utama (Dirut) Perum Jasa Tirta (PJT) II Jatiluhur, U Saepudin Noer mengatakan, pihaknya sedang menyusun rancangan rencana jangka panjang perusahaan (RJPP) 2019-2024. Salah satu faktor yang bisa memperbaiki kinerja jasa tirta, pada umumnya adalah adanya kolaborasi antara BUMN dengan pemerintah daerah dan stekholder lain baik tingkat nasional mau pun di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, kabupaten/kota.

Salah satu potensi Jasa Tirta II Jatuluhur yang dapat optimalkan adalah potensi lahan-lahan di wilayah pinggir sungai, aliran sungai di sekitar waduk, dan bendungan. Saat ini, sebagian wilayah tersebut sudah dioptimalkan untuk kepentingan beberapa usaha seperti disewakan kemudian juga dikerjasamakan.

"Melihat potensi lain di Waduk Jatiluhur itu, kami laporkan ke Gubernur pada saat kami kunker ke sana," ujar Dirut ditemui usai mendampingi kunjungan kerja Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Rabu (19/6/2019).

Saat bertemu dengan gubenrur Jabar, PJT II juga menyampaikan rencana pembangunan jangka panjang dan mengajak pemerintah daerah untuk berkolaborasi melihat potensi yang bisa di kerjasamakan. Menurutnya, rencana jangka panjang itu disambut baik Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta Pemkab Purwakarta

"Pak Gubernur hari ini ke PJT II dalam  rangka observasi dan melihat potensi-potensi pengembangan pariwisata berbasis air dan lingkungan, dan kita sepakat pasti ada beberapa kegiatan jangka pendek yang harus dikerjakan, menengah kita siapkan dan jangka panjang sama-sama kita anggarkan," katanya.

Dijelaskan, pada intinya PJT II dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki konsep sama dalam mengembangkan pariwisata di tengah rancangan RJPP 5 tahun ke depan.

"Tadi Pak Gubernur sampaikan bahwa Jatilujur memiliki potensi sebagai pariwisata berkelas internasional dan itu akan di tata ulang konsepnya bersama-sama kami," ucap dia.

Selain itu, lanjutnya, PJT II juga memiliki rencana jangka pendek, yaitu pada tahun ini tengah fokus dalam memperkenalkan Jatiluhur sebagai potensi pariwisata dan investasi ke depan. Ada sejumlah event yang akan dirancang bersama-bersama berkolaborasi dengan pihak lain. 

Kolaborasi tersebut, di antaranya pada 13 dan 14 Juli Pedk Book Comunity Indonesia untuk melaksanakan The Plus Jatiluhur Exshbition. Kegiatan ini, dalam rangka memperkenalkan Pedl Book itu karena di negara lain sudah mulai memanfaatkan misal bersepeda di pinggir jalan. 

"Kedua kita bekerjama dengan pemerintah kabupaten dan provinsi dalam rangka ulang tahun jasa tirta, ulang tahun Purwakarta sekalian juga dalam  rangka memeriahkan HUT RI pada bulan Agustus nanti," pungkasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar