Wajib Dicoba, Aneka Rasa Surabi Gapura Kang Dyan

  Selasa, 18 Juni 2019   Dede Nurhasanudin
Surabi Gapura Kang Dyan. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Jika Anda berkunjung ke Kabupaten Purwakarta jangan melewatkan mencicipi kuliner yang khas bahkan telah melegenda. Sebut saja sate maranggi, simping kaum, peuyeum bendul dan lainnya.

Dari sekian banyak kuliner yang ada di Kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat, ada salah satu kuliner yang wajib Anda cicipi.

Adalah surabi Gapura Kang Dyan berlokasi di Kampung Cikopak Desa Mulyamekar Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta menyajikan sejumlah rasa yang siap memanjakan lidah Anda.

AYO BACA : Olahan Sate Marrangi di Tangan Generasi Kelima

Surabi mungkin sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Jawa Barat. Penganan berbentuk bulat yang berbahan dasar tepung beras ini sudah menjadi kuliner khas yang melegenda.

Umumnya kuliner khas Jawa Barat ini disajikan dengan gula aren yang dicairkan (Kinca) sebagai sausnya. Terkadang, ada juga yang lebih suka menyantapnya secara orignal.

Dyan Rusdiana (37) pemilik surabi Gapura Kang Dyan mulai melirik peluang usaha makanan rakyat yakni menjadi penjual surabi ini sejak 2011 lalu. Awalnya, dia hanya menyajikan Surabi tanpa tambahan topping apapun, alias original. 

AYO BACA : Serba Tradisional di Warung Katresna

\"Seiring berjalannya waktu, saya mencoba membuat ide resep baru. Yakni, dengan membuat beragam varian rasa. Alhamdulillah, ternyata cukup digandrungi,\" ujar Dyan.

Dia mengaku, surabinya ini tak hanya disukai kalangan milenial. Tapi, kerap dipesan oleh para pejabat untuk acara kedinasan. Bahkan, surabinya saat ini juga sudah dikenal hingga mancanegara. 

Kue surabi buatannya ini, dibuat dengan beragam varian rasa dan telah bertransformasi dengan berbagai topping kekinian yang mengugah selera.

Sebut saja, Surabi Fla Durian, Surabi Cokelat Keju Susu, Surabi Ayam Mayonaise, Surabi Abon Sosis, dan ratusan varian lainnya. 

Surabi Gapura Kang Dyan ini, juga semakin terkenal tak kala kedatangan pelanggan dari kalangan artis ibu kota. Sebut saja, Della Puspita dan pedangdut Akademi, Irwan.

Kian hari, omzet yang didapatnya terus meningkat. Setiap hari dirinya membuat adonan untuk 200 porsi lebih. Untuk harga, yang termurah dibandrol Rp5.000 dan termahal Rp15.000.

AYO BACA : Simping, Makanan Asli Purwakarta yang Bikin Ketagihan

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar