Mudik Jalur Purwakarta, Anda Wajib Mencicipi Kuliner Ini

  Jumat, 24 Mei 2019   Dede Nurhasanudin
Simping Kaum. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

Selamat datang di Jawa Barat,

Informasi ini dipersembahkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diparbud) Provinsi Jawa Barat.

Supported by: Ayo Media Network

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Jika Anda mudik melalui jalur Kabupaten Purwakarta rugi jika tidak mampir dulu, selain terdapat objek wisata ragam kuliner juga patut dicoba.

Sekertaris Dinas Pemuda, Olahraga, Parawisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar mengatakan bahwa Purwakarta kini telah berubah menjadi kota ragam wisatan dan kuliner, nyaris di sudut wilayah terdapat objek wisata dan kuliner.

"Pemudik silahkan mampir dulu kesini sambil istirahat sejenak melepas lelah," ujar Heri, Jumat (24/5/2019).

AYO BACA : Arteri Purwakarta Jadi Jalur Alternatif Mudik Lebaran

Jika Anda bingung ini setidaknya ada 6 kuliner di Purwakarta yang dapat anda cicipi : 

1. Sate Maranggi Cibungur

Di kawasan Cibungur, Purwakarta, tepatnya di Jl Raya Purwakarta yang mengarah ke Cikampek, terdapat Sate Maranggi Hj Yetty. Rasanya tidak bisa diragukan lagi.


2. Aneka Pepes Ibu Ani

Pepes Ibu Ani berlokasi di Jalan Raya Ir Juanda Kecamatan Jatiluhur menyuguhkan beragam sajian pepes yang enak disantap dengan nasi hangat dan sambal dadakan, salah satunya ada pepes cumi, pepes ikan, pepes jamur, pepes belut hingga pepes jambal.

3. Soto Sadang

AYO BACA : Mudik Lewati Jalur Purwakarta, Jangan Lupa Membeli Makanan Ini

Soto Sadang rasanya tidak bisa diragukan lagi bahkan sudah terkenal hingga ke kota tetangga. Soto Sadang tak jauh di GT Sadang atau tepatnya di Jalan Raya Veteran Purwakarta.

4. Surabi Gapura Kang Dyan

Makanan yang satu ini menjadi buruan warga Purwakarta karena memiliki cita rasa yang beraneka rasa, ada yang asin, pedas dan gurih. Dijamin penasaran ingin mencicipi Surabi Telur Spesial Kang Dyan. Datanglah ke kiosnya di samping play over Sadang Gapura Indung Rahayu.

5. Simping Kaum

Simping memang menjadi oleh-oleh Purwakarta sejak lama. Kurang kumplit rasanya jika tidak mencicipi apalagi memborong makanan yang satu ini. Simping kaum beraneka rasa diantaranya rasa kencur, cabe, keju, bawang, nangka, strowberi, pandan dan rasa coklat yang dapat dijumpai di Jalan Raya Dr. Mr Kusumatmaja, Kelurahan Cipaisan tak jauh dari Kantor Pemerintahan setempat.

6. Peyeum Bendul

Peuyeum dalam bahasa indonesia dalam tape, bendul diambil nama desa di Purwakarta. Peuyeum bendul dapat dijumpai di Desa Bendul Kecamatan Sukatani, Purwakarta. Makanan itu merupakan hasil warga setempat yang kesehariannya membuat peuyeum kemudian di jajakan di Jalur arteri Purwakarta-Bandung.

AYO BACA : Mudik ke Purwakarta? Ini Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar