Jelang Arus Mudik, Disperindag Purwakarta Uji Tera SPBU

  Jumat, 24 Mei 2019   Dede Nurhasanudin
Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Purwakarta bersama tim Pengawas Metrologi Direktorat Metrologi Kementrian Perdagangan RI melakukan pengawasan pompa ukur menjelang lebaran di sejumlah SPBU. (Dede Hasanuddin/ayopurwakarta).

PURWAKARTA KOTA,AYOPURWAKARTS.COM--Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Purwakarta melakukan uji tera secara mendadak ke sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), di Kabupaten Purwakarta.

Uji tera tersebut, dilakukan bersama tim Pengawas Metrologi Direktorat Metrologi Kementrian Perdagangan RI menjelang lebaran di jalur mudik.

"Kemarin kita uji tera dadakan SPBU yang dilalui jalur mudik. Seperti SPBU di wilayah Cikopo dari empat pompa ukur yang ada, kita mengambil sampling dan rata rata masih di ambang batas wajar," Kepala Bidang (Kabid)  Perdagangan, Wita Gusrianita di Purwakarta, Jumat (24/5/2019).

Dijelaskan, dari hasil uji tera tersebut ditenemukan ukuran yang mengalami perbedaan. Namun, pompa ukur tersebut masih masuk dalam batasan yang diizinkan sebab dari penunjukan kebenaran maupun ketidak tetapannya berada di rata rata di bawah 0,1%. Sehingga, masih masuk kategori bukan pelanggaran.
 
"Jadi itu masih masuk dalam kesalahan yang diizinkan berdasar Undang-Undang No. 2 Tahun 1981," kata Wita.

Menurut Wita, tujuan dari uji tera ini untuk mengantisipasi praktik kecurangan dalam pengisian bahan bakar yang bisa merugikan masyarakat.

"Kita sidak sebagai antisipasi, hasilnya ada sedikit kejanggalan tapi masih dalam batas normal," ujar Wita.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar