Mudik Lewati Jalur Purwakarta, Jangan Lupa Membeli Makanan Ini

  Kamis, 23 Mei 2019   Dede Nurhasanudin
Simping, oleh-oleh khas Purwakarta. (Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta).

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Setiap daerah memiliki makanan khas, termasuk Kabupaten Purwakarta memiliki makanan yang telah melegendaris.

Apalagi kalau bukan simping yang telah melekat sejak dulu. Bahkan, Simping seolah sulit dipisahkan dengan kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat ini.

Bagi yang mudik Lebaran atau melewati jalur di Kabupaten Purwakarta, tidak ada salahnya jika mampir ke toko simping sebagai buah tangan.

Simping Purwakarta dapat ditemui di jalan Dr. M.r Kusumatmaja, Kelurahan Cipaisan tak jauh dari kantor pemerintahan setempat. Di tempat tersebut, banyak toko berjejer bahkan home industri Simping juga ada di sana.

Mungkin bagi orang-orang di luar daerah Purwakarta, nama Simping terdengar cukup aneh. Namun, Simping merupakan makanan sehat bebas dari zat pengawet.

Pada umumnya, Simping memiliki sejumlah rasa yang ditawarkan. Dia ntaranya rasa kencur, cabai, keju, bawang, nangka, strowberi, pandan dan rasa coklat.

Bahan baku oleh-oleh khas Purwakarta ini berbahan Aci gunung, aci 55, terigu, garam, masako, gula merah, kencur. Kemudian bawang daun dan bawang putih diblender. Setelah itu kemudian ditambah santan lalu diaduk.

Setelah digabungkan kemudian dituangkan ke sebuah alat terbuat dari besi capit diatas api menyala. Satu persatu simping pun jadi kemudian dimasukan ke dalam wadah. Simping kemudian dibawa ke ruang pengemasan sebelum nantinya dipasarkan.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar