Mudik Lewat Purwakarta, Waspadai Titik Rawan Kecelakaan

  Rabu, 15 Mei 2019   Dede Nurhasanudin
Jalur arteri Purwakarta-Bandung rawan kecelakaan. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Arus mudik tidak lama lagi akan berlangsung, sebagian wilayah di Kabupaten Purwakarta merupakan jalur yang sering dilewati pemudik, termasuk mudik lebaran 2019.

Dari ruas jalur yang akan dilewati pemudik terdapat sejumlah titik yang dianggap rawan terjadi kecelakaan lalulintas, baik dalam kota mau pun jalur nasional.

Sejumlah titik rawan kecelakaan ini diketahui setelah Polres Purwakarta melakukan pemetaan soal situasi dan kondisi jalur yang akan digunakan pemudik pada arus mudik 2019.

AYO BACA : Arteri Purwakarta-Bandung Rawan Kecelakaan

Kanit Laka, Satlantas Polres Purwakarta, Iptu Asep Kusmana mengatakan bahwa pemetaan arus mudik tak beda jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Namun demikian, pihaknya berharap pemetaan ini bisa mengantisipasi hal-hal diluar dugaan.

"Setelah melakukan pemetaan terdapat ruas jalan yang dianggap rawan terjadi kecelakaan," ujar Kanit, Rabu (15/5/2019).

Kanit menyebut untuk di ruas Tol Cipularang, ada 10 kilometer yang rawan kecelakaan, mulai KM 90 hingga KM 100, baik dari arah Bandung-Jakarta maupun sebaliknya.

AYO BACA : Dua Pemuda Tewas di Jalur Arteri Purwakarta-Bandung

"Untuk titik rawan di ruas tol Cipali yakni terdapat di KM 73 sampai 83 di kedua jalur," kata dia.

Tak hanya di ruas tol, menurutnya titik rawan kecelakaan pun terdapat di dalam kota, di antaranya jalur arteri Purwakarta-Bandung dan jalur Sadang-Subang via Cibatu (jalur tengah), serta jalur Sadang-Cikopo (Bungursari).

Kanit menyebut di ruas jalur tersebut rawan kecelakaan cukup beralasan, mengingat kontur jalan di wilayah rawan kecelakaan ini sangatlah berbahaya. Selain kondisinya lurus, ada juga yang kondisinya berupa tanjakan terjal, turunan curam, tikungan tajam‎, serta bergelombang. 

"Kalau di arteri, kecelakaan ini didominasi sepeda motor," pungkasnya.

AYO BACA : Kecelakaan Lalu Lintas di Purwakarta Didominasi Pengendara Tak Punya SIM

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar