Sadap Nira, Warga Bojong Berusan Dengan Polisi

  Sabtu, 11 Mei 2019   Dede Nurhasanudin
Petugas kepolisian Polres Purwakarta menyita nira yang telah dicamur bahan lain dan menjadi miras jenis tuak di Desa Pawenang Kecamatan Bojong. (ayopurwakarta.com)

BOJONG, AYOPURWAKARTA.COM--Sejumlah warga di Desa Pawenang Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk menyadap nira.

Nira awalnya untuk bahan pengembang produksi kue namun oleh oknum tidak bertanggung jawab tersebut ditambahkan bahan lain, sehingga berfermentasi menjadi tuak, dan hal itu tidak diketahui warga.

Hal tersebut diketahui setelah Jajaran Polsek Bojong bekerjasama Sat Res Narkoba Polres Purwakarta mendatangi tiga rumah di wilayah tersebut pada Jumat (10/5/2019) malam.

"Awalnya informasi dari warga jika ada sejumlah warga kerap menyadap nira, kemudian kami tindak lanjuti," ujar Kapolres Purwakarta AKBP Matrius melalui Kapolsek Bojong Iptu Teguh Sujito SH, Sabtu (11/5/2019).

Dari tiga rumah tiga rumah tersebut petugas berhasil mengamankan 360 liter nira yang telah difermentasi menjadi miras jenis tuak. 150 liter milik SUL, 60 miter milik SAE dan 150 liter tuak dari rumah milik AC.

"Perlu kami informasikan, warga ini benar menyadap nira setelah mendapatkan pesanan dari seseorang. Namun mereka tak menyadari jika nira tersebut akan diolah menjadi miras. Jadi tugas mereka ini sebenarnya hanya menyadap nira," ucap Teguh.

Sebagai tindak lanjut, pihaknya akan berkoordinasi dengan kepala desa setempat untuk terus memantau dan mengedukasi warganya.

"Kami juga berencana akan menggelar pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat di situ, sehingga tidak mudah dibohongi dan dimanfaatkan orang-orang yang tidak bertanggungjawab," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar