Ada GT Baru di Perbatasan Purwakarta-Karawang

  Kamis, 09 Mei 2019   Dede Nurhasanudin
GT baru tengah dibangun di perbatasan Purwakarta-Karawang. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

BUNGURSARI, AYOPURWAKARTA.COM--Untuk mengurangi pedatan arus lalu lintas pemerintah tengah membangun gerbang tol yang bersifat terintegrasi di ruas tol Cipali dan Cipularang.

Kedua gerbang itu tepatnya berada di Ruas Tol Cipali KM 70 dan Ruas Tol Cipularang KM 67, yang kini pembangunan masih berlangsung.

"Untuk menghindari beban Cikarang utama yang sudah sangat padat dan sering menimbulkan kemacetan yang cukup berat," ujar General Superintendent Jasa Marga Toll Road Maintainance, Otto Yahya Permana, Kamis (9/5/2019).

Ia menjelaskan, pembangunan gerbang tol ini tengah difokuskan sehingga dapat digunakan pada arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

AYO BACA : Setelah Tol Cipularang Beroperasi Omzet Tape Bendul Menurun

Menurutnya, proyek ini dibangun untuk menggantikan gerbang tol Cikarut menjadi dua arus, satu di jalur Cipali atau Cikampek Utama dan satu lagi yang ke arah Bandung.

"Para pemudik yang menggunakan jalur tol dari arah Jakarta mengarah ke Cirebon atau Bandung tidak akan lagi melakukan transaksi di Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi melainkan di gerbang tol ini," kata dia.

Ia mengatakan, di dua gerbang tol utama tersebut akan ada sekitar 30 gerbang tol untuk bertransaksi. Gerbang tol utama ada 14 dan 16 gerbang satelit.

Dari jumlah tersebut, lanjut Otto masing-masing gerbang tol utama mendapat tujuh gerbang yang bersifat reverseable atau bisa difungsikan dari kedua arah, "dan ada delapan gerbang tol di setiap gerbang tol di dua ruas tol yang bersifat gerbang satelit atau gerbang tambahan," ucap dia.

AYO BACA : Bus Rombongan Istri Sekcam dan Lurah Bandung Kecelakaan di Tol Cipularang

Kedua gerbang tol tersebut masuk ke wilayah hukum Polres Purwakarta, bahkan pihak Polres Purwakarta tengah melakukan peninjauan penyelesainnya.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Purwakarta, AKP Ricky Adi Pratama mengatakan, pihaknya tengah melakukan peninjauan penyelesaian Gerbang Tol Cikampek Utama. 

"Dari Cikarang Utama digeser kesini. Setelah melihat kondisi di lapangan kita bisa menentukan apa yang akan dilakukan saat ops ketupat yang sebentar lagi dilaksanakan," kata Ricky.

Dari informasi yang didapat jajarannya, secara fungsional pada H-10 lebaran, segera dapat digunakan. Saat ini sedang ditinjau terus perkembangannya.

"Sebenarnya ini wilayah perbatasan, jadi kami masih terus koordinasi dengan Polres Karawang juga," kata kasat.

Dari peninjauan, pihaknya memperkirakan pembangunan gerbang tol tersebut sudah tahap 65 persen. "Dan yang gerbang masuk Cipularang atau Kalihurip Utama sudah 70 persen," ujar Kasat.

AYO BACA : Seorang Warga Purwakarta Melahirkan di Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar