KPU Purwakarta Pastikan 565 Caleg Gagal Jadi Wakil Rakyat

  Selasa, 16 April 2019   Dede Nurhasanudin
Ilustrasi: pemilih saat memasukkan surat suara ke dalam kotak suara di simulasi pemungutan dan penghitungan Pemilu 2019. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM—Pemilu serentak 2019 tinggal hitungan jam lagi untuk dimulai. Khususnya di Kabupaten Purwakarta, perlengkapan untuk pungut dan hitung surat suara pun telah didistribuskan 100% oleh KPU.

Dalam pemilu 2019 terdapat lima surat suara yang akan diterima pemilih saat di TPS nanti, yakni surat suara DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, dan surat suara Pilres.

Di Purwakarta sendiri, jumlah caleg DPRD Kabupaten yakni 610 orang. Dari jumlah tersebut, KPU memastikan 565 caleg akan gigit jari dan gagal meraih kursi di gedung wakil rakyat.

"Kursi yang diperbutkan dalam Pileg 2019 ini untuk DPRD Kabupaten Purwakarta tetap 45 kursi seperti pada 2014 lalu, karena Daftar Agregat Kependudukan (DAK) kita di bawah 1 juta jiwa," ujar Komisioner KPU Purwakarta Ramlan Maulana, Selasa (16/4/2019).

Ratusan caleg tersebut tersebar di 17 kecamatan yang terbagi menjadi 6 dapil. Ia mengatakan, setiap dapil dipastikan akan ada yang memperoleh kursi. 

Adapun jumlah kursi setiap dapil yakni dapil 1 Kecamatan Purwakarta sebanyak 8 kursi; dapil 2 Kecamatan Babakan Cikao, Bungursari, Cibatu, dan Campaka sebanyak 9 kursi; dapil 3 Kecamatan Pasawahan, Pondoksalam, Wanayasa, dan Kiarapedes sebanyak 7 kursi.

Kemudian,  lanjut Ramlan, dapil 4 Kecamatan Bojong dan Darangdan sebanyak 6 kursi; dapil 5 Kecamatan Plered, Tegalwaru, dan Maniis sebanyak 8 kursi; dan dapil 6 Kecamatan Jatiluhur, Sukatani, dan Sukasari sebanyak 7 kursi.

"Kalau duduk semua tidak mungkin karena jumlah dewan di Purwakarta hanya 45 orang," ucap Ramlan.

Sementara itu, RSUD Bayu Asih Purwakarta diketahui telah menyiapkan ruangan khusus untuk menangani caleg yang mengalami depresi akibat gagal menjadi wakil rakyat. Hal itu bagian dari antisipasi pemkab, apalagi situasi politik yang menghangat pada perhelatan pesta demokrasi ini.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar