DPT di Purwakarta Bertambah 180 Pemilih

  Selasa, 16 April 2019   Dede Nurhasanudin
Ketua KPU Purwakarta Ahmad Ikhsan Faturrahman saat memberikan keterangan pers terkait rakor pleno terbuka DPHTP ketiga. (Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Jumlah Daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Purwakarta bertambah, awalnya 687.100 menjadi 687.280.

Penambahan DPT diketahui setelah KPU menggelar rapat koordinasi pleno terbuka terkait Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) ke-3 di Aula KPU, Jalan Flamboyan, Purwakarta, Senin (15/4/2019) kemarin.

"Iya ada penambahan sejumlah180 pemilih," ujar Ketua KPU Purwakarta, Ahmad Ikhsan Faturrahman.

Dia menjelaskan, penambahan tersebut berkaitan dengan jumlah pemilih di Desa Situ, Kecamatan Pondok Salam. Terjadi beberapa kali perubahan saat digelar DPTHP kesatu dan kedua. 

"TPS juga ada perubahan dari jumlah 6 TPS menjadi 7 TPS karena dianggap overload," kata Ahmad.

Menurutnya, perubahan ini bagian dari dinamika proses pemilu, namun tetap harus menjelaskan penambahan tersebut secara terbuka atas dasar asas keterbukaan dan kejujuran.

"Penambahan sebanyak 180 ini untuk menyesuaikan dengan data nasional Sidalih KPU. Sehingga kami pun menyiapkan segala keperluan logistiknya sebagai penyesuaian," ujarnya.

Bagaimana persoalannya karena 180 menjadi tambahan yang tersebar di 7 TPS di Desa Situ, Kecamatan Pondok Salam. Ia mengatakan, pihaknya telah memiliki data pemilih berdasarkan nama dan alamat. 

"Kami juga sudah melakukan bimtek khusus kepada petugas KPPS setempat. Sehingga dipastikan tidak ada double atau kegandaan," ucapnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar