Jokotri Bawa Dokter dan Ambulans Belusukan Periksa Kesehatan Warga

  Minggu, 31 Maret 2019   Dede Nurhasanudin
Caleg DPRD Provinsi Jabar Dapil X Purwakarta Dan Karawang, Joko Trio Suroso bersama Tim Medis saat berbicara bersama ibu Rima, Eti,

BUNGURSARI, AYOPURWAKARTA.COM -- Usia muda merupakan masa yang paling indah, bisa berkumpul sama teman atau sekedar jalan-jalan. Namun hal itu tidak dirasakan oleh Rima. Perempuan berusia 29 tahun itu harus berjibaku melawan penyakit yang dideritanya.

Rima saat ini terbaring lemas di atas kasur di kamar berukuran kecil di rumahnya yang beralamat di Desa Dangdeur Kecamatan Bungursari, Purwakarta.

Menurut keterangan orang tua Rima, Eti (48), awalnya Rima terserang gejala tipes sejak duduk di bangku kelas IX SMP. Penyakit tipesnya itu berangsur membaik setelah ditangani pihak medis.

"Awalnya gejala tipes, dan sempat sembuh, saat itu usia Rima berusia 15 tahun," kata Eti saat ditemui di rumahnya, Minggu (31/3/2019).

Kondisi kesehatan Rima mulai parah berusia 21 tahun. Bukannya mendampingi, suami Rima malah meninggalkan disaat Rima dirawat di rumah sakit.

"Sudah menikah tapi sumainya malah pergi meninggalkannya, mungkin karena Rima sakit-sakitan terus," kata dia.

Ia mengatakan, saat ini Rima hanya bisa berbaring lemas diatas kasur akibat penyakit komplikasi yang dideritanya. Bahkan, lanjut Eti, anggota tubuh Rima sering mengelami gemetar jika mendengar suara keras.

"Rima berbaring lemas seperti ini dari lima tahun terakhir, bahkan buang air besar dan air kecil di kamar saja, sudah tidak bisa kemana-mana," kata dia.

Eti mengaku bukan tidak berniat membawa Rima ke rumah sakit, namun selain kondisi Rima yang sering panik juga terbentur biaya.

"Dulu sering bulak balik rumah sakit, dan suruh berobat ke rumah sakit di Bandung tapi saya tidak punya biaya, bahkan  suami saya juga sakit, kami tidak bisa berbuat banyak untuk kesembuhan Rima," kata dia.

Mendengar ada warga membutuhkan pertolongan, Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat dari Partai PDI Perjuangan, Joko Trio Suroso tidak tinggal diam. Dia langsung mendatangkan tenaga medis dari Bandung untuk kesembuhan Rima. Bahkan Tim Jokotri juga mengobati, Hakim (60) yang tak jauh dari rumah orang tua Rima.

"Ada warga yang laporan ke saya, kemudian saya datangi sekalian bawa dokter juga untuk mengecek kesehatan mereka," ujar pria yang akrab disapa Jokotri tersebut.

Hasil dari keterangan pihak medis, Rima mengidap penyakit pisikis gangguan kejiwaan akibat ditinggal suaminya. Ada rasa trauma dimasa lalu yang membuat down.

Jika anggota tubuh termasuk kaki bisa sembuh asal rasa ingin pasien dan motivasi dari pihak keluarga harus kuat untuk memulihkan kesehatannya. Bahkan pihak medis menyarankan jika Rima dipindahkan ke ruang yang lebih terbuka agar terkena sinarmatari.

Sementara Hakim mengidap penyakit diabet, kolesterol dan darah tinggi.Ironisnya karena memiliki diabet, telapak kakinya luka dan belum kering-kering hingga saat ini. 
 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar