Bupati Purwakarta Buka Festival Manggis

  Sabtu, 23 Maret 2019   Dede Nurhasanudin
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mencicipi buah manggis setelah membuka Festival Manggis di Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta, Sabtu (23/3/2019). (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

WANAYASA, AYOPURWAKARTA.COM—Ribuan masyarakat Kabupaten Purwakarta memadati Kampung Gandasoli, Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa untuk menyaksikan Festival Manggis.

Festival Manggis dibuka secara langsung oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Sabtu (23/3/2019).

Selain dihadiri sejumlah kepala dinas, Sekda Iyus Permana, 17 camat di Purwakarta, turut hadir pula Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura (PPHH) Kementerian Pertanian RI Yasid Taufik.

Dalam sambutannya, Anne mengaku bangga atas digelarnya acara festival ini. Festival Manggis, kata Anne, bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para petani manggis untuk terus mengembangkan buah favorit di Purwakarta tersebut.

Ke depan, Anne menargetkan menyediakan lahan yang tersentral untuk penanaman manggis di Kecamatan Kiarapedes.

"Ada lima hektare lahan di situ yang akan kita tanami bibit manggis khas Purwakarta," kata Anne.

Anne mengatakan, kawasan tersebut akan menjadi percontohan dan akan meningkatkan produksi manggis Purwakarta.

"Ciri khas manggis Purwakarta itu ada rasa asemnya, berbeda dengan manggis lain," kata Anne.

Menurutnya, khas rasa manggis Purwakarta itu akan menjadi daya tarik untuk menguasai pasar. Namun, Anne mengaku belum menguasi pasar domestik secara maksimal.

"Ke depan kita harus menguasi pasar domestic. Jadi, manggis yang ada di sejumlah tempat jualan di Purwakarta itu harus manggis Purwakarta," ujarnya.

Di sisi lain, Anne berharap Festival Manggis ini bisa meningkatkan pasar domestik dan ekspor ke luar negeri.

"Harapan kita itu, kita harus bangga manggis di Purwakarta sangat melimpat," pungkasnya.

Diketahui, setelah membuka acara Festival Manggis, Anne menyapa para petani manggis yang membuka stan buah manggis di jalan raya di daerah tersebut. Anne juga mencoba mencicipi buah manggis hasil panen para petani.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar