Taman Air Mancur Sri Baduga Layak Gelar Even Skala Internasional

  Kamis, 14 Maret 2019   Dede Nurhasanudin
Taman Air Mancur Sri Baduga. (Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta).

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Taman Air Mancur Sri Baduga (Situ Buleud) layak digunakan acara skala internasional.

"Saya kira layak yah, dan sudah dikenal juga baik dalam maupun luar di Indonesia," kata Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar, saat dihubungi melalui sambungan seluler, Kamis (14/3/2019).

Objek wisata ini, pernah menjadi lokasi digelarnya acara Festival Seni Bela Diri Dunia 'Show Performance Martial Art' 2016. Hal itu, menunjukan jika objek wisata berlokasi di tengah perkotaan layak digunakan acara nasional bahkan skala internasional.

"Bukan mustahil juga kalau nanti dijadikan tempat acara skala internasional. Apalagi mampu menampung 12 ribu penonton," kata dia.

Tak hanya itu, taman besar ini multifungsi. Selain menjadi kawasan terbuka hijau, pertunjukan air mancur,  juga sebagai sarana olah raga, area konservasi pepohonan langka, konservasi ikan khas Sungai Citarum, hingga sebagai pengendali banjir.

Apalagi saat ini hadir Taman Film Surawisesa serta akses yang dekat ke beberapa tempat, seperti Alun-alun Purwakarta, Diorama Purwakarta, Diorama Nusantara dan Perpustakaan digital disekitar Taman Air Mancur.

"Hampir setiap hari warga menggunakannya untuk olah raga seperti jonging atau jalan-jalan santai bersama keluarga. Karena memang lokasinya riuh dan nyaman," ucap dia.

Lokasi ini sebelumnya merupakan kawasan konservasi serta kawasan hijau terbesar di Purwakarta dengan luas kurang lebih empat hektare. Dari dulu, di lokasi itu terdapat sejumlah pohon, terutama dari jenis atau varian langka.

"Keindahannya bertambah, seiring dibangunnya sebuah air mancur yang bisa dibilang terbesar di Indonesia," ujar Heri.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar