Masyarakat Harus Maksimalkan Objek Wisata Purwakarta

  Selasa, 12 Maret 2019   Dede Nurhasanudin
Kepala Bidang Parawisata, Disporparbud Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar, (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Kabupaten Purwakarta saat ini telah berkembang menjadi daerah wisata di Jawa Barat. Hampir di setiap kecamatan, terdapat destinasi objek wisata. Namun hal itu belum dimanpaatkan secara maksimal oleh masyarakat setempat.

Kepala Bidang Parawisata, Dinas Pemuda, Olahraga, Wisata dan Kebudayaan (Disporparbud) Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar mengatakan, masyarakat seharusnya mampu memanpaatkan objek wisata itu dengan baik. Mereka dapat berperan sebagai petugas yang mampu memberikan edukasi atau promosikan ke wisatawan yang datang.

"Kalau ada wisatawan yang menginap masyarakat setempat bisa menjadi tour guide, tapi kemampuan mereka harus mendukung," kata Heri Anwar saat dihubungi melalui sambungan seluler, Selasa (12/3/2019).

Untuk mendukung hal itu, peran pemerintah kecamatan atau tokoh masyarakat setempat sangat diperlukan. Mereka harus berperan aktif mengajak atau memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang objek wisata yang ada.

"Kalau semua ditangani oleh kami terbentur keterbatasan dan diperkirakan tidak akan maksimal. Peran pemerintah kecamatan diharapkan untuk hal ini," ujar dia.

Saat ini, Heri mengaku tengah melakukan pembinaan atau sosialisasi ke 17 kecamatan yang ada di Purwakarta. Upaya itu diharapkan pihak pemerintah kecamatan dapat bekerjasama untuk meningkatkan pariwisata di Purwakarta.

"Masyarakat juga sadar serta bisa memanpaatkan objek wisata di daerahnya masing-masing," ujar dia.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar