Begini Cerita Napi Lapas IIB Purwakarta Gemar Membaca

  Selasa, 19 Februari 2019   Dede Nurhasanudin
Sejumlah warga binaan asyik membaca buku favoritnya masing-masing di taman baca Lapas kelas IIB Purwakarta. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Taman baca merupakan wadah untuk menambah ilmu dan pengetahuan melalui buku. Hal itu berlaku bagi siapa pun, tak terkecuali bagi warga binaan di Lembaga Permasyarakatan atau Lapas kelas IIB Purwakarta.

Taman baca disediakan untuk meningkatkan pengetahuan warga binaan yang menjalani masa tahanan. "Mereka (warga binaan) banyak yang mengisi waktu luang sebagian besar untuk membaca buku disini," ujar Kasi Pembinaan dan Kegiatan Kerja Narapidana Lapas kelas IIB Purwakarta, Asep Saripudin, Selasa (19/2/2019).

AYO BACA : Tingkatkan Budaya Baca, Purwakarta Resmikan Sudut Baca di Pusat Perbelanjaan

Ia mengatakan, keberadaan taman baca ini sebetulnya sudah ada sejak dulu. Akan tetapi letak lokasi di dalam ruangan membuat kurang begitu menarik perhatian para warga binaan. Sehingga dipindahkan ke lokasi yang dianggap strategis untuk meningkatkan minat pembaca, hasilnya 60% warga binaan saat ini gemar membaca.

"Sekarang dipindah ke sini (saung) dan Alhamdulillah peminatnya lebih meningkat," kata Asep.

AYO BACA : Pojok Baca di Purwakarta Harus Lebih Banyak

Ada pun jenis atau tema buku yang disediakan lebih kepada buku tentang pelatihan, ilmu pengetahuan, peternakan pertanian, motivasi, pelatihan bahkan hingga buku keagamaan dan kerohanian.

Alasan buku itu dipilih, kata dia diharapkan mampu mengimplementasikan apa yang diperoleh dari hasil membaca disaat mereka kembali ketengah-tengah masyarakat.

"Jumlah buku di taman baca ini sekitar 500 buku, 300 diantaranya merupakan bantuan bantuan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan atau Dispunsip Kabupaten Purwakarta," ujar Asep.

Diketahui, warga binaan Lapas kelas IIB Kabupaten Purwakarta berjumlah 566 orang. Lapas itu dibangun sejak 1972.

AYO BACA : Forum Taman Bacaan Masyarakat Purwakarta Gelar "Purwakarta Membaca"

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar